5 Fakta Menarik Bahasa Indonesia, Jadi Bahasa Kedua Vietnam, Diikrarkan dalam Sumpah Pemuda

Selasa 30-01-2024,15:46 WIB
Reporter : Fran Sinatra
Editor : Ana Mariyohana

4. Pernah diperdengarkan di luar angkasa

Pada tahun 1977, melalui rekaman piringan hitam satelit Voyager (NASA) Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang pernah diperdengarkan di luar angkasa.

 

5. Mempunyai keunikan ejaan 

Bahasa Indonesia punya keunikan ejaan, karena di setiap angka (bukan bilangan) yang punya huruf awal yang sama akan berjumlah 10 bila ditambahkan. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi sekaligus bahasa nasional di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Dia, 7 Olahraga Mudah yang Bisa Membentuk Proporsi Tubuh Wanita Jadi Lebih Ideal

Selain itu, Bahasa Indonesia merupakan varietas yang dibakukan dari bahasa Melayu, sebuah bahasa rumpun Austronesia yang digolongkan kedalam rumpun Melayik yang sendirinya merupakan cabang turunan dari cabang Melayu-Polinesia. 

Bahasa Indonesia telah sejak lama digunakan sebagai bahasa antar di wilayah kepulauan Indonesia yang rata-rata mempunyai kemajemukan bahasanya (linguistika).

 BACA JUGA:Buah Tin Ampuh Cegah Perkembangan Sel Kanker? Ternyata, Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Dengan jumlah penutur bahasa yang lumayan besar, ditambah dengan adanya populasi diaspora yang tinggal di luar negeri, maka Bahasa Indonesia masuk sebagai salah satu bahasa, yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Kosakata bahasa Indonesia juga dipengaruhi oleh beberapa bahasa lokal di wilayah kepulauan Indonesia. Bahasa Indonesia punya banyak kata serapan yang berasal dari bahasa-bahasa Eropa. Terutama dari bahasa Belanda, Portugis, Spanyol dan Inggris. 

BACA JUGA:KPU Resmi Putuskan Pilkada Serentak Digelar 27 November 2024, Ini Tahapan dan Jadwal Lengkapnya

Selain itu, Bahasa Indonesia juga mempunyai kata serapan yang berasal dari bahasa Sanskerta, Tionghoa, dan Arab yang membaur menjadi elemen dalam Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia juga terpengaruh akan adanya faktor-faktor seperti aktivitas perdagangan maupun religius yang telah berlangsung sejak zaman kuno di wilayah kepulauan Indonesia.(**)

Kategori :