Nyaris Punah, Ini 5 Fakta Tentang Kucing Bakau Asal Indonesia, Tubuhnya Mirip Macan Tutul

Kamis 08-02-2024,14:31 WIB
Reporter : Ana Mariyohana
Editor : Ana Mariyohana

Berdasarkan catatan para peneliti yang memantau kondisi kucing bakau di alam liar, angka harapan hidup kucing bakau di alam liar pada umumnya 10 tahun.

 

4. Tergolong 7 Kucing Hutan Asal Indonesia

Fakta menarik lainnya, ternyata kucing bakau termasuk dari 7 jenis kucing liar di Indonesia yang dilindungi yang berasal dari Indonesia. 

BACA JUGA:4 Cara Memilih Ampere Aki Mobil, Kapasitas Terlalu Besar Penggunaan Bahan Bakar Tidak Efisien

Jenis kucing dilindungi diantaranya macan dahan (Neofelis spp), kucing emas (Catopuma temminckii), kucing merah (Catopuma badia), kucing batu (Pardofelis marmorata) dan 3 spesies genus Prionailurus.

Dari 4 genus Prionailurus, ada 3 jenis yang ada di Indonesia yakni kucing bakau (Prionailurus viverrinus), kucing hutan (Prionailurus bengalensis) dan macan tandang (Prionailurus planiceps).

BACA JUGA:Ide Seru! 6 Kegiatan Meriahkan Imlek di Kantor, Bikin Suasana Menjadi Lebih Ceria

 

5. IUCN Tetapkan Status Langka 

Hasil penelitian tim IUCN Red List of Threatened Species, kucing bakau dikategorikan sebagai kucing langka. Sebab keberadaannya terancam punah atau endangered. 

Habitat dari kucing bakau menurun drastis, akibat alih fungsi hutan mangrove menjadi tambak atau pemukiman.

BACA JUGA:Khasiat Batu Akik Jahanam, Paling Diburu dan Dirasakan Manfaatnya oleh Kaum Pria

Sementara itu, kucing ini juga diburu untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dan diambil bagian tubuh tertentu oleh pemburu.

Kini kucing bakau dilindungi keberadaannya dengan UU 106/MENLHK/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi serta dilakukan penelitian terkait kehidupan serta jumlah pasti dari kucing ini di alam liar.(**)

Kategori :