Mencegah pikun, Buah Bit Juga Bisa Meningkatkan Stamina, Mengandung Rendah Lemak dan Kalori

Minggu 03-03-2024,17:06 WIB
Reporter : Ana Mariyohana
Editor : Ana Mariyohana

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Buahnya berwarna merah, mirip dengan buah naga. Walaupun bentuknya seperti umbi, nyatanya bit masuk dalam jenis buah. Padahal bit masih satu keluarga dengan umbi-umbian, karena tumbuh dalam tanah.

Menariknya buah bit ini mengandung rendah lemak dan kalori, sehingga aman bagi tubuh. Sebab dalam buah bit terkandung protein, serat, antioksidan dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin C dan B6. 

Sehingga banyak manfaat yang kamu dapatkan bila mengonsumsi buah bit, apakah dimakan langsung atau dijadikan jus.

BACA JUGA:Mengandung Antioksidan dan Antibiotik Alami, Baiknya Dimakan Setelah Matang, Mampu Turunkan Gula Darah

Diantara manfaatnya adalah menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, mencegah pikun dan meningkatkan stamina. Bahkan buah bit juga efektif mencegah anemia dan menjaga kesehatan mata.

Berdasarkan studi yang dilakukan Department of Agriculture US dalam 100 mililiter jus buah bit organik terkanduung kalori sebanyak 29 kilokalori, protein sebanyak 0.42 gram, karbohidrat sebanyak 7.50 gram, gula sebanyak 5.42 gram dan serat sebanyak 0.40 gram.

Sedangkan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah bit yang dimasak diantaranya kalori sebanyak 44 kilokalori, protein sebanyak 1.7 gram, lemak sebanyak 0.2 gram dan serat sebanyak 2 gram.

BACA JUGA:1 Siswi Lagi jadi Korban Dugaan Rekayasa Nilai PDSS SMAN 5 Kota Bengkulu, Berikut Penjelasannya !

Kemudian ada juga kandungan Vitamin C, asam folat, Vitamin B6 dan beberapa mineral penting. Seperti magnesium, kalium, fosfor, mangan dan zat besi. Dengan kandungan tersebut inilah penjelasan manfaat buah bit. 

 

1. Menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung

Mengandung nitrat, buah bit akan mengubah nitrat menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah. 

Kemudian kandungan pigmen merah betasianin dan antioksidan dalam buah bit akan membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

BACA JUGA:Ingin Memelihara Anjing, Ini 7 Ras Anjing Ras Termurah, Makannya Tidak Terlalu Banyak

 

Kategori :