HONDA

Cara Mengatasi dan Mencegah Kerusakan pada Buah Sawit

Cara Mengatasi dan Mencegah Kerusakan pada Buah Sawit

Cara Mengatasi dan Mencegah Kerusakan pada Buah Sawit--Instagram.com/ si_antusias_sawit

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pada tanaman kelapa sawit tentunya diketahui terdapat beberapa jenis penyakit yang tidak bisa dianggap remeh.

Penyakit pada kelapa sawit bisa menyerang seluruh bagian tanaman, mulai dari akar, batang, pucuk tanaman hingga buahnya.

Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman kelapa sawit yaitu pada buahnya, yang tentunya dapat mengurangi dan merusak hasil buah.

Nah, berikut ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara mengatasi dan mencegah kerusakan pada buah kelapa sawit, yaitu:

BACA JUGA:Tinjau Potensi Kelautan dan Hutan Mangrove Pulau Baai Bengkulu, Tim MIT Korea Selatan Bakal Lakukan Riset

BACA JUGA:Respon Ahmad Dhani Terhadap Syifa Hadju Usai Dikenalkan El Rumi, Buat Gugup

Cara Mengatasi Kerusakan pada Buah Kelapa Sawit

1. Identifikasi Penyebab Kerusakan

- Penyakit: Periksa adanya gejala penyakit seperti busuk atau bercak pada buah. Identifikasi penyakit yang mungkin mempengaruhi tanaman.

- Hama: Periksa adanya serangan hama seperti kumbang tandan atau ulat yang dapat merusak buah.

- Kondisi Lingkungan: Perhatikan kondisi tanah, air, dan iklim. Kelebihan atau kekurangan air, serta nutrisi yang tidak seimbang, dapat menyebabkan kerusakan pada buah.

2. Pengendalian Penyakit dan Hama

- Pestisida dan Fungisida: Gunakan pestisida dan fungisida sesuai rekomendasi untuk mengatasi hama dan penyakit. Pastikan untuk mengikuti dosis dan jadwal aplikasi yang benar.

- Pemangkasan: Pangkas bagian tanaman yang terinfeksi atau rusak untuk mencegah penyebaran penyakit atau hama ke bagian yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: