Gempa 7,5 Magnitudo Mengguncang Taiwan, Pemerintah Keluarkan Peringatan Tsunami

Rabu 03-04-2024,17:23 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Peri Haryadi

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Gempa bumi 7,5 Magnitudo menggunacang Taiwan, Pemerintah keluarkan peringatan tsunami atas kejadian pada pagi hari sekitar pukul 09.00 waktu setempat 3 April 2024.

Gempa yang terjadi di Taiwan ini menyebabkan beberapa kerusakan pada fasilitas bukan itu saja dengan kekuatan yang besar tersebut getarannya terasa hingga ke pulau Okinawa dan Miyako yang ada di Jepang Selatan.

Sehingga bukan hanya di Taiwan yang mengeluarkan peringatan tsunami namun pemerintah Jepang juga mengeluarkan hal yang sama untuk mengevakuasi masyarakatnya yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Gempa ini berasal dari Taiwan timur laut, menurut administrasi cuaca pusat (CWA) gempa memiliki pusat gempa berada di 25 kilometer di selatan-tenggara dengan kedalaman fokus dangkal sebesar 15,5 kilometer.

Skala intensitas Taiwan yang berkisar 1 hingga 7, mencatatkan tingkat 6+ dikabupaten Hualien dan 5+ di Kabupaten Yilan dan Kabupaten Miaoli. Selain itu wilayah lain juga mengalami guncangan yang cukup kuat.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat: Ini Lengkapnya

Diantaranya Taichung, Changhua country, Hsinchu Country, Nantou Country, New Taipe dan Taipei dikutip dalam akun instagram nihaoindo. Selain itu beberapa daerah negara tetangga juga merasakan.

Diantaranya Filipina dan Jepang dimana ada sebagian wilayahnya berdekatan dengan Taiwan. Sejumlah bangunan tampak ambruk yang viral dimedia sosial kondisi yang terjadi di negara Taiwan tersebut.

Beberapa gedung runtuh, miring, jembatan layang untuk kendaraan nampak berguncang kuat sehingga membuat kepanikan warga Taiwan yang mengalaminya pada pagi hari tadi waktu setempat.

Gempa Taiwan ini merupakan gempa yang terbesar dan terparah di 25 tahun terakhi ini sehingga pemerintah dari negara setempat mengeluarkan untuk peringatan bahaya tsunami bagi warganya.

Untuk itu diharapkan kewaspadaan dari rakyat Taiwan akibat gempa besar yang terjadi 7,5 skala ritcher, dilansir dalam akun instagram cettamandarin bahwa ada sedikitnya 26 bangunan runtuh dan mengalami rusak parah.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat: Ini Lengkapnya

Selain itu kejadian gempa ini melumpuhkan sistem transportasi dan lalu lintas di Taiwan diantaranya kereta MRT di Taipei yang dihentikan sementara selama 1 jam dari gempa terjadi pagi tadi.

Pemadam kebakaran Taiwan mengatakan sampai pukul 10.00 WIB ada satu orang korban gempa yang tewas tertimpa reruntuhan sehingga diperkirakan ada 50 orang yang terluka akibat gempa.

Masih banyak lagi warga yang terjebak dalam bangunan yang runtuh karena gempa 7,5 Magnitudo tersebut sehingga sampai saat ini belum diketahui berapa banyak jumlah warga yang luka dan meninggal akibat insiden ini.

Tags :
Kategori :

Terkait