Penyebab Trombosit Darah Turun dan Manfaat Trombosit untuk Tubuh Manusia yang harus diketahui

Selasa 14-05-2024,11:56 WIB
Reporter : Hendri Saputra
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Diketahui Trombosit merupakan komponen darah yang membantu di dalam proses pembekuan darah, adapun Trombosit ini hanya bertahan selama 10 hari yang setelah itu sumsum tulang akan memproduksi trombosit baru.

Adapun penyebab trombosit turun ini selalu identik dengan penyakit demam berdarah, akan tetapi trombosit turun tidak hanya disebabkan oleh penyakit demam berdarah.

Dimana hal ini juga dapat menjadi suatu tanda mengalami penyakit lainnya, sehingga mengenali penyebab trombosit turun ini sangat penting untuk diketahui. 

Adapun Trombosit yang rendah ini bisa membahayakan tubuh manusia, yang mana biasanya seseorang dikatakan memiliki trombosit yang rendah kalau trombositnya tidak lebih dari 150 ribu permicroliternya.

BACA JUGA:DBD Makin Meresahkan, 7 Makanan Ini Cepat Naikkan Trombosit, Simak Gejala Saat Trombosit Turun

Untuk jumlah trombosit yang normal yaitu antara 150 ribu sampai 450 ribu permicroliter, dimana penyebab trombosit turun ini dapat menjadi suatu tanda dari berbagai penyakit. 

Adapun hal ini disebabkan oleh fungsi trombosit yang cukup penting untuk tubuh manusia, dimana trombosit mengandung sejumlah senyawa dan butiran yang bekerja untuk membekukan darah pada saat terjadi cedera.

Dengan mengetahui penyebab trombosit turun maka juga harus mengenali fungsi Trombosit yang memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh manusia, yaitu:

1. Dapat Mencegah Kehilangan Darah

Adapun fungsi trombosit yang pertama yaitu untuk menyumbat pembuluh darah yang rusak dan untuk mencegah kehilangan darah, dimana pada kondisi normal, trombosit ini bergerak melalui pembuluh darah dalam keadaan yang tidak aktif.

BACA JUGA:Cara Menaikkan Trombosit saat Terjangkit DBD, Konsumsi Makanan hingga Buah-buahan

2. Pembekuan Darah

Selanjutnya fungsi trombosit yaitu sebagai sarana yang dipakai untuk melakukan pembekuan darah, hal ini tidak jauh berbeda dengan fungsi leukosit, dimana trombosit memiliki fungsi yang sama layaknya sel darah putih pada umumnya.

3. Dapat Melawan Virus

Selanjutnya fungsi trombosit lainnya yaitu sebagai sarana untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh, dimana virus ini biasanya bisa mengakibatkan seseorang akan terjangkit suatu penyakit tertentu.

Kategori :