4 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Bayi, Salah Satunya Mendukung Perkembangan Otak

Minggu 19-05-2024,15:34 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

Kebiasaan menina bobokan bayi dari umur 0 sampai 5 bulan itu akan membuat bayi menjadi bonding sleepingnya sehingga momen tersebut akan menandakan bahwa bayi tersebut harus tidur.

BACA JUGA:Memiliki Hidup yang Tenang: 7 Sikap yang Membuatmu Merasa Gelisah di Usia Sekarang

Jika rutinitas itu dijaga dengan baik maka baik tanpa komando apapun dengan mendengarkan musik tersebut dapat dengan mudah untuk tidur dengan nyenyak sesuai dengan kebiasaannya.

Meskipun membangun bonding sleeping ini tidak mudah, namun ini bisa dilakukan secara rutin oleh ibu agar memudahkan rutinitas bayi tersebut dalam menjaga rutinitas kesehariannya.

Ini membuat kualitas tidur akan lebih lama dan juga cara menina bobokan ini membuat bayi tersebut akan tidur lebih lama dari biasanya dan dia akan mengerti bahwa itu adalah waktunya untuk istirahat.

3. Mengasah Kemampuan Berbahasa

Ternyata musik juga digunakan dan bermanfaat sekali dalam mengasah kemampuan berbahasa si bayi, dengan kata-kata yang diciptakan dalam lantunan lagu dapat menambah wawasan ingatan bayi tersebut.

BACA JUGA:Sembuhkan Jiwa dan Mental, Ini Deretan Manfaat Mendengarkan Suara Musik

Biasanya bayi sangat senang sekali memperhatikan orang lain dalam berbicara, maka dari itu stimulus menggunakan bahasa ini akan membuat bayi tersebut lebih memahami bahasa.

Meskipun belum mengerti secara keseluruhan, namun hal tersebut berguna sekali dalam mengasah kemampuan berbahasa si bayi. Dalam usia 4 sampai 5 bulan bayi akan memahami bahasa lagu dan bicara.

Itu akan membuat ketertarikan tersendiri bagi bayi dalam memperhatikan kata-kata yang keluar dalam lantunan musik yang didengarkannya dengan memperhatikan gaya bicara orang lain.

4. Menenangkan Bayi Lebih Lama

Biasanya ketika bayi sedang rewel atau sedang tantrum ibu akan susah sekali dalam menenangkan bayi, untuk itu dapat menggunakan musik sebagai salah satu solusi yang baik.

BACA JUGA:Begini Tanggapan Ustadz Abdul Somad Terkait Musik, Mana Hadistnya?

Musik yang diperdengarkan kepada bayi dapat menenangkan bayi lebih lama sehingga ketika kurang nyaman otak bayi akan bekerja dengan pengaruh hal lain yang membuatnya lebih rileks dengan adanya musik.

Tentunya musik ini banyak sekali manfaatnya yang dapat diambil untuk perkembangan tumbuh si bayi, salah satu diantaranya adalah untuk perkembangan otak dalam menstimulus bayi itu sendiri.

Kategori :