BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Perhatikan ini ! Cara parkir mobil matic di tanjakan agar transmisi tidak nyangkut.
Mobil matic akan lebih aman dan Anda pun tidak perlu khawatir bila memahami cara parkir mobil matic di tanjakan.
Ini pun diakui mekanik di Bengkel Ternama di Kota Bengkulu Mas Agus kepada rakyatbengkulu.com, Sabtu 15 Juni 2024.
Menurutnya,"Memang masih banyak para pengguna mobil matic yang ketika memarkirkan mobilnya di area yang menanjak atau menurun, paddle shift atau tuas tranmisi kerap suka terasa keras saat digeser," kata Mas Agus.
BACA JUGA:Cara Atasi Mobil Matic Hilang Tenaga saat di Tanjakan, Pengemudi Jangan Panik !
BACA JUGA:Efek Negatif Bila Terlalu Sering Pakai Mode Manual pada Mobil Transmisi Matic
Bahkan, beberapa di antaranya justru terkadang muncul suara ngejeduk saat proses pemindahan paddle shift ke posisi P (Parking).
Ataupun sebaliknya, ketika tuas transmisi digeser dari P ke gigi lain ketika mobil mau digunakan lagi.
Sementara pengemudi pun sudah menarik hand brake (rem tangan) saat parkir, tetap saja banyak yang masih mengalami transmisi ngejeduk ketika mobil hendak digunakan lagi.
Selama ini, rata-rata pengguna mobil matic ketika mobil sudah berhenti di tempat parkir yang miring, tuas transmisi langsung dipindahkan ke P.
Lalu pengemudi mengendurkan injakan rem, baru kemudian pengemudi menarik rem tangan.
BACA JUGA:Hindari Kebiasaan Ini agar Kampas Kopling Mobil Matic Bertahan Lama
BACA JUGA:Cara Nyopir Mobil Matic Ketika Melintas di Turunan Panjang dan Curam, Jangan Injak Rem Melulu !
Tahapan-tahapan ini memang sering menyebabkan efek ngejeduk atau tuas transmisi seperti nyangkut ketika dipindah dari P (Parking) ke gigi lainnya.
Sekalipun mobil transmisi matic sering ngejeduk tidak masalah, tidak membuat transmisi cepat rusak.