Baik untuk Kesehatan dan Pupuk, Ini Manfaat Jantung Pisang yang Wajib Kamu Ketahui

Minggu 23-06-2024,16:34 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Manfaat jantung pisang bukan hanya untuk kesehatan, namun juga bisa bermanfaat untuk sektor pertanian, salah satunya menjadi pupuk.

Jantung pisang itu sendiri merupakan bagian dimana tempat buah pisang berasal yang sering kali berwarna merah keunguan yang bisa menjadi santapan yang lezat untuk ibu menyusui. 

Bunga pisang ini jika dilihat seksama akan ada bentuk pisang kecil berbunga di dalam setiap bagian jantung pisang, ternyata bagian berwarna merah ini memiliki manfaat yang luar biasa bukan hanya untuk kesehatan.

Jantung pisang sendiri biasanya digunakan untuk ibu menyusui yang dijadikan masakan karena kandungan dari jantung pisang tersebut baik untuk air susu ibu, maka dari itu seringkali menjadi konsumsi para ibu menyusui.

BACA JUGA:Nama Pasaran di Indonesia, ‘Kerto’ Jadi Nama 96 Desa: Ini Daftar Lengkapnya

Jantung pisang juga ternyata memiliki manfaat lainnya yaitu untuk pertanian karena fermentasi dari jantung pisang sendiri memiliki manfaat baik untuk tanaman.

Berikut ini manfaat jantung pisang bukan hanya untuk kesehatan juga berguna baik untuk sistem pertanian. Bagaimana caranya dan apa saja manfaatnya, ini dia:

1. Manfaat Bagi kesehatan

Jantung pisang memiliki manfaat baik untuk kesehatan karena kandungan di dalamnya banyak sekali vitamin dan juga asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, jantung pisang juga mampu dalam mengontrol kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, karena mengandung beberapa vitamin yang mampu menurunkan kadar gula yang tinggi.

BACA JUGA:Nama Pasaran di Indonesia, ‘Kerta’ Jadi Nama 137 Desa: Ini Daftar Lengkapnya

Juga dapat mengurangi infeksi dan peradangan karena jantung pisang sendiri memiliki kandungan senyawa anti inflamasi dan juga antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Karena jantung pisang memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri sama dengan madu dengan demikian jantung pisang dapat mengurangi beberapa masalah kesehatan.

Diantaranya adalah infeksi jamur, maag, masalah peradangan, radang sendi dan infeksi lainnya yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi makanan dari jantung pisang tersebut. 

Ternyata selain anti inflamasi juga jantung pisang dapat mengatasi anemia karena mengandung zat besi yang merupakan mineral utama untuk meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh anda. 

Kategori :