Baik untuk Kesehatan dan Pupuk, Ini Manfaat Jantung Pisang yang Wajib Kamu Ketahui

Minggu 23-06-2024,16:34 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BACA JUGA:Bukan Cuma Dimasak Sayur Asam, Ini 4 Resep Olahan Serba Melinjo yang Enak dan Sedap

Selain juga bagus pada ibu hamil ataupun ibu menyusui karena kandungannya juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar di mana kandungan seratnya yang tinggi.

2. Sebagai pupuk

Ternyata manfaat lain dari jantung pisang sendiri dapat berguna baik untuk pertanian khususnya pupuk organik, pasalnya pupuk kimia diketahui membahayakan baik untuk lingkungan dan juga manusia. 

Dengan melakukan pupuk organik ini dapat mengurangi biaya pertanian pembuatan jantung pisang menjadi pupuk ini sangat mudah cukup dengan memfermentasikannya.

Untuk cara pembuatannya yaitu jantung pisang dicampur dengan gula merah dengan perbandingan yang sama untuk alat-alat sediakan toples plastik, baskom, pisau, karet, dan kertas buram atau yang memiliki pori.

BACA JUGA:Review Smartphone Oppo Reno 11 Series 5G, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Pertama gunakan gula merah disisir menjadi halus, jantung pisang juga diiris dengan teknik searah dengan panjangnya jangan dengan cara memotong jantung pisang. 

Setelah itu masukkan jantung pisang dan dicampur gula merah yang kemudian masukkan ke dalam baskom lalu diremas-remas sehingga mengeluarkan air setelah itu masukkan ke dalam toples plastik.

Lalu tutup toples dengan kertas buram atau kertas yang berpori dan ikat dengan karet setiap toples cukup diisi sepertiganya saja, hal ini dilakukan untuk memaksimalkan proses fermentasi.

Setelah itu, simpan toples yang tertutup rapat di tempat yang sejuk jangan sampai terkena sinar matahari lakukan penyimpanan selama 7 hari agar terjadi fermentasi alami.

BACA JUGA:Tips Desain dan Cara Menganggarkan Dana Pembangunan Rumah Tipe 60

Setelah dilakukan fermentasi selama 7 hari buka toples dan lakukan penyaringan untuk pemisahan larutan hasil fermentasi dan ampasnya dan saring pupuk organik tersebut siap digunakan.

Induk pupuk organik tersebut dapat dicampur kan dengan air biasa untuk menyemprotkan tanaman itu akan berguna baik dalam menutrisi tanaman dengan bahan jantung pisang.

Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal maka lakukan penyemprotan secara berkala dan rutin agar tujuan dari pupuk organik ini dapat langsung berguna baik pada tanaman.

Itulah manfaat dari jantung pisang selain untuk kesehatan juga bermanfaat untuk menjadi pupuk organik pada sistem pertanian dan baik sekali untuk menekan biaya produksi pertanian.

Kategori :