Stop Kebiasaan Tidur Tengkurap, Ketahui Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan Selain Dibenci Rasulullah SAW

Sabtu 13-07-2024,10:53 WIB
Reporter : Rizky Nova Amelia
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bagi sebagian orang, tidur dengan posisi tengkurap merupakan posisi yang nyaman.

Posisi tidur dengan perut berada di bawah atau sering disebut tengkurap merupakan posisi yang cukup nyaman bagi sebagian orang.

Namun, apakah kamu sudah mengetahui jika sebenarnya tidur dengan posisi tengkurap tersebut banyak memberikan dampak negatifnya serta ternyata dilarang dalam ajaran Islam. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu 13 Juli 2024 Rasulullah SAW jelas melarang umatnya untuk tidur dengan posisi tengkurap tersebut dikarenakan dianggap sebagai posisi tidurnya penghuni neraka.

Sebagaimana yang telah disampaikan dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang artinya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:7 Mood Booster yang Ampuh Mengusir Bad Mood, Termasuk Tidur Siang

“Nabi lewat di hadapanku saat aku sedang tidur tengkurap, lalu Beliau menggerak-gerakkan tubuhku dengan kakinya, dan bersabda, Wahai umat nabi, tidur yang seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka,".

Selain itu juga, posisi tidur tengkurap juga dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh. 

Hal itu juga telah diterangkan Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah, ulama dan pakar kedokteran, bahwa posisi tidur tengkurap akan menghambat kerja jantung dan pernapasan.

Yang akhirnya dapat mengurangi aliran oksigen.

Dan sebagai gantinya, Rasulullah SAW menyarankan kita untuk tidur dengan posisi miring ke arah kanan bukan dengan tidur tengkurap.

BACA JUGA:5 Rutinitas Malam Hari Sebelum Tidur yang Bikin Perut Rata, Tertarik Mencoba?

"Berbaringlah kamu di atas rusuk sebelah kanan," sebagaimana beliau menyampaikannya melalui hadis. 

Jika kamu tidur dengan posisi tidur diatas rusuk sebelah kanan, itu diyakini bisa membantu mengurangi tekanan pada tubuh.

Dibawah ini setidaknya ada enam dampak buruk tidur tengkurap bagi kesehatan yang akan paling sering kamu alami, dilansir dari berbagai sumber:

Kategori :