Bupati Rejang Lebong: Pentingnya Sinergitas Antara Ulama dan Pemerintah, Wujudkan Mental Spiritual Masyarakat

Minggu 28-07-2024,19:54 WIB
Reporter : Badri
Editor : Peri Haryadi

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bupati Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Drs. H. Syamsul Efendi, MM, menyebutkan pentingnya rasa kebersamaan dan sinergitas antara pemerintah dan ulama, untuk mewujudkan mental spiritual masyarakat yang berakhlak mulia.

Keberadaan ulama lanjutnya, memiliki peran penting dalam pembangunan daerah, baik pembangunan fisik maupun sumber daya manusia.

Karena ulama atau pemuka agama bisa membimbing dan mengingatkan para pemimpin, untuk lebih baik dan tidak menyalahi perintah Allah SWT saat menjalankan tugas.

Hal ini disampaikan Bupati Syamsul Efendi saat menghadiri Pengajian Akbar Istighosah Ahad Legi di Kelurahan Air Duku Kecamatan Selupu Rejang, Minggu, 28 Juli 2024.


Bupati Kabupaten Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi, Wakil Bupati Hendra Wahyudisyah, Ketua DPRD Mahdi Husen, Toko Masyarakat Juliansyah Yayan mendengarkan kajian agama pada Istighosah Ahad Legi di Kelurahan Air Duku.--badri/rakyatbengkulu.com

"Peran penting ulama dan sinergi antara Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong harus berjalan beriringan, manusia maupun pemimpin, kita sangat membutuhkan bimbingan dari para ulama atau pemuka agama. Bersama ulama jugalah kita bisa membangun Kabupaten yang kita cintai ini," ujar Bupati Syamsul Efendi.

Bagaimana tidak, peran pemerintah dan ulama dalam mencerdaskan serta mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia adalah sebuah keterikatan yang harus dikerjakan berdampingan.

"Pemerintah daerah sangat mendukung Pengajian Akbar dan Istighosah ini, bukan hanya di daerah Selupu Rejang, Sindang Dataran saja, melainkan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong," ujar Bupati Syamsul Efendi.

Karena itu, sambung Bupati Syamsul Efendi, bila ulama yang mengundangnya, Insya Allah akan datang. 


Ribuan jamaah memadati Pengajian Akbar Istighosah Ahad Legi di Kelurahan Air Duku Kecamatan Selupu Rejang.--badri/rakyatbengkulu.com

Sebab para ulama pasti mengajak untuk bermunajat dan berzikir sambil berdoa, begitu juga hendaknya masyarakat.

"Jujur saya merasa ketentraman dan kesejukan di hati bila berada di tengah-tengah ulama yang memiliki banyak ilmu agama. Selain berzikir, kita juga berdoa sambil mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi jika ada acara Zikir Akbar Istighosah seperti ini, mari kita dukung bersama-sama dan menghadirinya," ajak Bupati Syamsul Efendi.

Menyiarkan agama Allah SWT, kata Bupati Syamsul Efendi, hingga ke pelosok Kabupaten Rejang Lebong dan sekitarnya. 

Hal ini juga bisa dikatakan membantu pemerintah untuk memberi pendidikan agama secara langsung dan Insya Allah bisa membuat akhlak masyarakat lebih baik lagi.


Kajian agama yang disampaikan KH. Imam Hambali, S.PdI, M.Si dari Kabupaten Singkut Provinsi Jambi.--badri/rakyatbengkulu.com

Kategori :