Bukan Cuma Sawit Dura, Ternyata Ini Dia 3 Jenis Kelapa Sawit yang Populer di Bidang Pertanian

Kamis 08-08-2024,09:48 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Kelapa sawit (Elaeis guineensis) adalah tanaman tropis yang berasal dari Afrika Barat dan merupakan sumber utama minyak sawit.

Minyak tersebut digunakan secara luas didalam industri makanan, kosmetik, dan juga dengan bahan bakar.

Tanaman kelapa sawit, dikenal karena kemampuannya menghasilkan minyak dalam jumlah yang cukup besar, dan ketiga jenis utama kelapa sawit yakni Dura, Tenera dan Pisifera tentunya memiliki peran penting dalam produksi minyak sawit.

Kelapa sawit juga memainkan peran penting dalam ekonomi negara-negara penghasilnya yaitu seperti Indonesia dan Malaysia.

BACA JUGA:Cuci Secara Teratur, Berikut 8 Tips Merawat dan Menjemur Bed Cover dengan Benar

BACA JUGA:Supaya Awet dan Tetap Bikin Nyaman, Begini 8 Cara Merawat Springbed dengan Benar

Nah, berikut ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang mengenal 3 jenis kelapa sawit, di antaranya:

1. Kelapa sawit dura

- Buah: Buah kelapa sawit dura umumnya memiliki cangkang yang tebal dan keras, serta daging buah yang lebih sedikit dibandingkan dengan varietas lain seperti kelapa sawit tenera.

- Kandungan Minyak: Daging buahnya mengandung minyak yang lebih sedikit, tetapi biji kelapa sawit dura memiliki kadar minyak yang relatif tinggi.


Bukan Cuma Sawit Dura, Ternyata Ini Dia 3 Jenis Kelapa Sawit yang Populer di Bidang Pertanian--Instagram.com/ sawit_politeknikkampar

- Produktivitas: Kelapa sawit dura cenderung menghasilkan minyak yang lebih rendah per hektar dibandingkan dengan varietas lainnya seperti tenera, namun tanaman ini sering digunakan dalam program pembiakan karena karakteristik genetiknya.

BACA JUGA:7 Cara Merawat Kursi Kulit dengan Benar, Lakukan Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

BACA JUGA:4 Perbedaan Utama Harimau Sumatera dengan Harimau Jawa

- Pemuliaan: Kelapa sawit dura sering disilangkan dengan varietas lain seperti pisifera, untuk menghasilkan varietas yang lebih produktif dan efisien dalam produksi minyak, seperti varietas tenera.

Kategori :