Bukan Cuma Sawit Dura, Ternyata Ini Dia 3 Jenis Kelapa Sawit yang Populer di Bidang Pertanian

Kamis 08-08-2024,09:48 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

Jenis kelapa sawit ini memiliki peran penting dalam program pemuliaan tanaman kelapa sawit untuk meningkatkan hasil dan kualitas produksi minyak sawit.

2. Kelapa sawit pisifera

- Buah: Buah kelapa sawit pisifera memiliki cangkang yang tipis dan daging buah yang sangat sedikit. Ini membuatnya kurang berharga sebagai sumber minyak dibandingkan varietas lain.

- Kandungan Minyak: Meskipun daging buahnya sedikit, biji kelapa sawit pisifera memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi. Namun, jumlah minyak yang diperoleh dari daging buah sangat rendah.

BACA JUGA:Rampogan Macan, Tradisi Kuno yang Melibatkan Perburuan Harimau

BACA JUGA:Jangan Pernah Disamakan, Ada 8 Perbedaan Harimau dan Macan yang Wajib Anda Ketahui

- Pemuliaan: Kelapa sawit pisifera sering digunakan dalam program pemuliaan tanaman. Biasanya, pisifera disilangkan dengan varietas lain seperti dura untuk menghasilkan varietas baru yang lebih efisien dalam produksi minyak, seperti tenera.

Tenera menggabungkan keunggulan pisifera (dalam hal kandungan minyak biji) dengan keunggulan dura (dalam hal hasil buah).

- Produktivitas: Pisifera sendiri tidak sering ditanam untuk produksi minyak secara langsung karena rendahnya hasil minyak dari daging buah. Namun, perannya dalam pembiakan tanaman kelapa sawit sangat penting.

Varietas pisifera ini membantu dalam meningkatkan kualitas dan hasil produksi minyak sawit melalui program pembiakan dan persilangan.

BACA JUGA:Jangan Pernah Disamakan, Ada 8 Perbedaan Harimau dan Macan yang Wajib Anda Ketahui

BACA JUGA:4 Perbedaan Utama Harimau Sumatera dengan Harimau Jawa

3. Kelapa sawit tenera

- Ciri Khas: Tenera merupakan hasil persilangan antara kelapa sawit dura dan pisifera. Tanaman ini memiliki buah dengan cangkang yang lebih tipis dibandingkan dura dan daging buah yang lebih banyak dibandingkan pisifera.

- Kandungan Minyak: Tenera memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi dibandingkan dengan varietas dura. Daging buahnya mengandung minyak yang cukup banyak, sehingga lebih produktif dalam menghasilkan minyak sawit.

- Produktivitas: Tenera dikenal karena produktivitasnya yang tinggi. Tanaman ini lebih efisien dalam menghasilkan minyak dibandingkan dengan varietas dura atau pisifera secara individu.

Kategori :