Pesan Raditya Dika untuk Mahasiswa Baru, 60 Persen Belajar 40 Persen untuk Apa?

Selasa 20-08-2024,13:28 WIB
Reporter : Kharisma Rahma Amanda
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM - Penulis sekaligus aktor Raditya Dika menyampaikan pesan penting untuk para mahasiswa baru. Menurutnya waktu belajar hanya dimanfaatkan 60 persen saja, lantas 40 persen digunakan untuk apa?

Di antara kalian pasti sudah paham apa itu singkatan dari Maba? Ya, Mahasiswa Baru. Artinya status yang melekat pada seorang mahasiswa di tahun pertama masuk ke dunia perkuliahan. 

Mahasiswa baru juga biasa diartikan dengan seseorang yang baru saja memasuki dunia perguruan tinngi, mahasiswa yang akan siap menghadapi transisi kehidupan dari dunia sekolah menuju dunia perkuliahan.

Selain itu juga, mahasiswa baru akan mengalami perubahan pada suatu metode pembelajaran yang dialami pada masa sekolah sebelumnya.

BACA JUGA:Motor Jarang Dipakai Perlukah Ganti Oli Rutin? Kenali Bahayanya

BACA JUGA:Harga Minyak Goreng di Bengkulu Mulai Mahal, Ini Pemicunya

Saat menjadi seorang mahasiswa baru ini, seseorang juga akan mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru yang menuntun dirinya untuk menjadi sesorang yang lebih berani, mandiri dan dewasa.

Seorang mahasiswa baru juga akan menghadapi perubahan lingkungan baru, yang dituntut harus bisa beradaptasi dengan budaya baru, norma baru, teman baru dan perubahan gaya hidup.

Hal terpenting adalah beradaptasi dengan kehidupan dunia perkuliahan di kampus kalian.

Pengalaman sebagai mahasiswa baru pastinya akan berpengaruh pada berbagai persiapaan saat sebelum masuk pada dunia perkuliahan yang harus kamu lakukan, terutama adalah hal-hal yang berkaitan dengan masa perkuliahan.

BACA JUGA:Sudah Tak Relevan, Perbedaan Parenting Zaman Dulu dan Masa Kini Semakin Jelas

BACA JUGA:Kasus Tragis Dokter India Tewas Setelah Dirudapaksa, 150ml Sperma Ditemukan di Tubuhnya

Semester pertama kuliah adalah langkah awal penting dalam perjalanan akademik yang akan memengaruhi empat tahun berikutnya.

Selain itu, di dunia perkuliahan juga memiliki berbagai kegiatan atau organisasi mahasiswa, jadi seorang mahasiswa baru tentunya harus bisa memanajemen atau mengatur waktu.

Kesibukan seorang mahasiswa itu apa aja sih?

Kategori :