7 Tanda Keterlambatan Perkembangan Anak Usia 5 Tahun, Orang Tua Perlu Amati!

Sabtu 24-08-2024,12:28 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Pada usia 5 tahun, perkembangan anak umumnya menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam berbagai aspek, termasuk fisik, kognitif, bahasa, dan sosial.

Namun, jika anak Anda menunjukkan keterlambatan di salah satu atau beberapa area tersebut, ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah tanda-tanda keterlambatan perkembangan yang dapat diamati pada anak usia 5 tahun, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

1. Keterlambatan Bahasa

Kesulitan Berbicara: Anak mengalami kesulitan dalam membentuk kalimat yang jelas atau berbicara dengan kata-kata yang tepat sesuai dengan usianya.

BACA JUGA:Mengenal Karakteristik dan Sifat 12 Shio dalam Hal Percintaan, Ada yang Paling Romantis dan Menjaga Kesetiaan

BACA JUGA:8 Manfaat Mengonsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula atau Pemanis Tambahan

Pemahaman Terbatas: Anak tidak dapat memahami atau mengikuti instruksi sederhana atau kesulitan dalam memahami bahasa yang digunakan di sekitar mereka.

Kosakata Terbatas: Kosakata anak sangat terbatas dibandingkan dengan teman sebayanya dan mereka kesulitan dalam menggunakan kata-kata yang kompleks atau membentuk kalimat lengkap.

2. Keterlambatan Motorik

Kesulitan Koordinasi Motorik Kasar: Anak mengalami kesulitan dalam kegiatan yang melibatkan koordinasi tubuh besar, seperti berlari, melompat, atau menendang bola.

BACA JUGA:9 Manfaat Menggunakan Toren Air untuk Kebutuhan Rumah Tangga

BACA JUGA:5 Paslon Adu Strategi Rebut Suara Rakyat di Pilwakot Bengkulu 2024

Keterampilan Motorik Halus: Anak kesulitan dengan keterampilan motorik halus seperti menggambar, menggunakan alat makan, atau memanipulasi benda kecil dengan tangannya.

3. Keterlambatan Kognitif

Kategori :