4 PLTS di Bengkulu Terbengkalai, Bukti Lemahnya Perhatian Pemerintah terhadap Sumber Energi Bersih

Sabtu 31-08-2024,21:08 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

Kemudian akibat dari pemakaian, performa penyimpanan baterai semakin menurun maka desa menambah 3 baterai baru dengan kapasitas lebih rendah, di tahun 2023 pihak desa menambah baterai bekas milik warga namun PLTS tidak bisa beroperasi lagi.

BACA JUGA:Kopli Ansori - Roiyana Jalani Tes Kesehatan di RSMY Bengkulu

BACA JUGA:Resep Donat Kentang Chef Devina Hermawan: Empuk dan Lembut

Kanopi Hijau Indonesia melakukan survei kondisi pembangkit listrik energi bersih ini dengan tujuan untuk mengetahui manfaat sumber energi tersebut bagi komunitas dan sejauh mana perhatian pemerintah terhadap sumber energi bersih yang dibangun dengan biaya yang cukup besar tersebut.

"Kami menemukan bahwa sumber energi ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk penerangan dan perekonomian, tapi saat ini kondisinya rusak dan terbengkalai, rata-rata hanya digunakan selama 2 tahun," kata Ketua Kanopi Hijau Indonesia, Ali Akbar.

Di Pulau Enggano, listrik sangat tergantung dengan pasokan bahan bakar dari Kota Bengkulu sehingga keberadaan PLTS tersebut sangat vital. 

Sementara di Gajah Makmur yang berada di wilayah berbatasan dengan hutan, penerangan seringkali padam dan hal ini menjadi makanan sehari-hari warga setempat.

BACA JUGA:BAB Lancar, 5 Buah Tinggi Kandungan Serat yang Menyehatkan Sistem Pencernaan

BACA JUGA:Raffi Ahmad Ungkap Jumlah Uang Bulanan untuk Nagita Slavina, Ini Besarannya!

Selain untuk penerangan, PLTS mendukung aktivitas perekonomian warga. Khususnya di Pulau Enggano pada sektor perikanan, listrik digunakan untuk ketersediaan es batu.

"Berdasarkan hasil survei tersebut, kami melihat bahwa atensi pemerintah terhadap pembangkit listrik yang bersumber dari energi bersih ini masih sangat rendah," kata Ali.

Ketersediaan sumber energi listrik sepenuhnya menjadi tanggung jawab PLN, cara berpikir seperti ini tentu saja sesat. 

Karena pertama, ketika sumber energi listrik sepenuhnya dibebankan kepada satu pihak maka tingkat kerentanan menjadi tinggi.

BACA JUGA:5 Sayuran Terbaik untuk Membantu Membakar Lemak, Ada Bayam hingga Asparagus

BACA JUGA:5 Makanan Tinggi Serat yang Efektif Mengatasi Sembelit

Hal ini dikarenakan PLN yang terbiasa dengan sistem listrik terpusat. Kerusakan pada satu titik akan berdampak kepada lokasi lain. 

Kategori :