10 Gejala dan Tanda-tanda Gangguan Fungsi Hati yang Perlu Anda Waspadai

Selasa 03-09-2024,08:20 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

- Makan Makanan Sehat

Diet seimbang membantu menjaga kesehatan hati, konsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Kurangi makanan yang berlemak, gorengan dan olahan, pilih makanan yang kaya serat dan hindari konsumsi gula berlebih.

- Hindari Konsumsi Alkohol Berlebihan

Alkohol berlebih dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan kondisi seperti hepatitis alkoholik dan sirosis, dan batasi konsumsi alkohol atau hindari sepenuhnya.

BACA JUGA:4 Manfaat Menari Bagi Kesehatan, Termasuk Ampuh Hilangkan Stres

- Jaga Berat Badan Ideal

Obesitas meningkatkan risiko penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD). Jaga berat badan dengan diet sehat dan olahraga teratur, lakukan aktivitas fisik secara rutin seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda.

- Berhenti Merokok

Merokok dapat memperburuk kesehatan hati dan meningkatkan risiko komplikasi, cobalah teknik berhenti merokok seperti terapi penggantian nikotin atau konseling.

- Vaksinasi

Vaksinasi dapat melindungi Anda dari hepatitis A dan B, dua infeksi virus yang dapat merusak hati. Diskusikan dengan dokter mengenai vaksinasi yang sesuai untuk Anda.

- Gunakan Obat dengan Bijak

Penggunaan obat-obatan secara berlebihan atau tidak sesuai petunjuk tentu saja dapat merusak hati, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat baru dan jangan mengonsumsi suplemen atau obat herbal tanpa rekomendasi medis.

BACA JUGA:5 Dampak Kesehatan Akibat Penggunaan Handuk Secara Bergantian

- Cek Kesehatan Secara Berkala

Pemeriksaan secara rutin dapat membantu mendeteksi masalah hati sejak dini, tes fungsi hati dapat memberikan indikasi awal masalah, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan tahunan dan diskusikan gejala dengan dokter.

Kategori :