5 Alasan Harus Menggunakan Bibit Berkualitas, Salah Satunya untuk Produktivitas

Rabu 11-09-2024,20:36 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Heri Aprizal

Resiko tanaman rusak yang disebabkan oleh hama ini dapat teratasi dengan bibit unggul yang sudah dipersiapkan dari awal untuk menghindari potensi kerugian.

3. Efisiensi Penggunaan Pupuk dan Air

Efisiensi Penggunaan pupuk dan air juga sangat berpengaruh pada Bibit unggul biasanya lebih efisien dalam penyerapan nutrisi dan air yang dapat mengurangi kebutuhan pemupukan berlebih.

Bukan itu saja namun dapat juga mengurangi kebutuhan dari irigasi Hal ini membantu menekan biaya produksi sekaligus menjaga keseimbangan lingkungan.

4. Kualitas Hasil Panen yang Lebih Baik

Tentunya penggunaan bibit yang berkualitas ini akan menyebabkan kualitas hasil panen juga lebih baik sehingga akan berbeda dari segi seperti ukuran, warna, rasa.

BACA JUGA:42.400 Warga Kurang Mampu Terintegrasi dalam Program Jamkesda di Kabupaten Rejang Lebong

BACA JUGA:Baim Cilik Menghadapi Kesulitan Sejak Tidak Dapat Nafkah dari Ayah

Bukan itu saja tapi juga berpengaruh pada daya simpan yang lebih lama Hal ini sangat penting untuk meningkatkan nilai jual produk pertanian dari sebuah tanaman.

5. Adaptasi Lingkungan yang Lebih Baik

Ternyata juga Bibit berkualitas sering kali telah disesuaikan dengan kondisi lingkungan tertentu, sehingga lebih mudah beradaptasi terhadap iklim.

Selain itu jenis tanah setempat yang memastikan pertumbuhan yang optimal dengan penggunaan bibit unggul yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk tanaman Anda.

Itulah alasan mengapa harus menggunakan bibit unggul dibandingkan bibit yang biasa Karena akan banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh oleh para petani.

BACA JUGA:Apel Siaga Satlinmas, Gubernur Bengkulu: Pastikan Pilkada Serentak 2024 Aman dan Kondusif

BACA JUGA:Jumlah Pelamar CPNS di Mukomuko Mencapai 3.591 Orang, Lebih dari Kuota

Tentunya efisiensi dapat sangat berpengaruh sekali terhadap penggunaan bibit unggul Ini maka dari itu penting untuk mempersiapkan kualitas bibit yang sangat baik.

Kategori :