Jangan Salah Pilih! Ini Tips Mengetahui Perbedaan Antara Oli Asli dan Palsu

Selasa 17-09-2024,20:10 WIB
Reporter : Reynov Yeheskiel Girsang
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM - Pentingnya kita mengetahui perbedaan antara oli palsu dan oli asli demi merawat dan menjaga kendaraan kita menjadi lebih awet lagi. 

Oli merupakan komponen yang sangat penting dalam mesin kendaraan. Di pasar, kini sudah banyak beredar oli palsu yang membuat kita harus berhati- hati dan pintar dalam memilih oli.

Penggunaan oli palsu dengan kualitas yang buruk ini tentunya bisa berdampak buruk untuk kesehatan mesin. 

Oli merupakan minyak pelumas yang digunakan pada mesin, terutama pada mesin kendaraan. Banyak ragam bentuk oli dan macam oli tergantung jenis mesinnya.  

BACA JUGA:Hasil China Open 2024: Anthony Ginting Berhasil Mengalahkan Rival Bebuyutan Chico di 16 Besar

BACA JUGA:7 Sikap Menyeimbangkan antara Karier, Keluarga, dan Diri Sendiri

Penggunaan oli palsu bisa mengakibatkan mesin cepat panas dan penggunaan bahan bakar menjadi boros, selain itu juga bisa membuat mesin cepat rusak.

Oleh karena itu, pentingnya bagi pemilik kendaraan bermotor untuk mengetahui ciri-ciri oli kendaraan yang asli dan palsu.  

Berikut cara membedakan antara oli palsu dengan oli asli yang dirangkum rakyatbengkulu.com dari Channel Youtube Dokter Mobil Indonesia.  

1. Kemasan oli  

Ciri pertama untuk mengetahui oli asli dan palsu adalah melihat kemasan oli. Cetakan marker atau gambar pada kemasan oli yang asli lebih tajam dan lebih nimbul, sementara oli palsu cetakan marker atau gambarnya lebih cenderung pudar dan kurang tajam.  

BACA JUGA:Aneka Resep Minuman Menyegarkan untuk Keluarga di Rumah

BACA JUGA:Budidaya Tanaman Buah Naga Superred dalam Pot untuk Panen Maksimal

2. Warna oli  

Perbedaan oli asli dan palsu juga bisa diketahui dari warna oli. Oli yang asli menunjukkan warna yang lebih cerah, sedangkan yang palsu terlihat lebih pekat dan keruh seperti warna lumpur. 

Kategori :