11 Manfaat Mengonsumsi Bengkoang, Salah Satunya Detoksifikasi

Jumat 11-10-2024,15:17 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Bengkoang, atau dalam bahasa ilmiahnya Pachyrhizus erosus adalah umbi-umbian yang terkenal di Indonesia dan beberapa negara tropis lainnya.

Bengkoang memiliki kulit berwarna cokelat atau kuning, dengan daging yang putih dan renyah, rasa bengkoang manis dan segar, menjadikannya populer sebagai camilan atau bahan dalam salad.

Bengkoang kaya akan serat, vitamin C, dan rendah kalori, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan dan mendukung program diet. Selain dimakan segar, bengkoang juga sering digunakan dalam berbagai hidangan, seperti rujak dan es buah.

Selain manfaat kesehatan, bengkoang juga dikenal memiliki sifat mendinginkan dalam pengobatan tradisional, dan sering digunakan untuk merawat kulit.

BACA JUGA:9 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Pria yang Perlu Anda Ketahui

BACA JUGA:11 Manfaat Kesehatan Buah Stroberi yang Lebih dari Sekadar Menurunkan Berat Badan

Bengkoang selain rasanya yang segar dan renyah, bengkoang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi bengkoang yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber diantaranya:

1. Kaya Akan Nutrisi

Bengkoang mengandung banyak vitamin dan mineral, yaitu seperti vitamin C, vitamin B, kalsium, fosfor, dan potassium, nutrisi ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme dan kesehatan tulang.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada didalam bengkoang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih dan membantu melindungi tubuh dari infeksi.

3. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Bengkoang kaya akan serat, yang membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit, serat juga berkontribusi pada kesehatan usus dengan mendukung pertumbuhan bakteri baik.

BACA JUGA:Buah Kedondong Bisa Meningkatkan Kesehatan Mata, Berikut 11 Manfaat Lainnya untuk Tubuh

BACA JUGA:10 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kesehatan Anda, Bisa Meningkatkan Sistem Imun

Kategori :