Pertamina Tampilkan UMKM Mitra Binaan dalam Trade Expo Indonesia 2024

Sabtu 12-10-2024,20:09 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM - Dalam upaya mendukung perekonomian nasional, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 dengan menghadirkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mitra binaan.

Kegiatan ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City di Tangerang, Banten, pada tanggal 9-12 Oktober 2024. 

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menyampaikan bahwa Trade Expo Indonesia merupakan ajang bergengsi yang difokuskan untuk mempromosikan produk-produk unggulan lokal ke pasar internasional.

BACA JUGA:Tips Berkendara Jarak Jauh yang Aman dari Astra Motor Bengkulu

BACA JUGA:Mukomuko Genjot Vaksinasi Rabies, 2.700 Hewan Target Vaksin dalam Setahun

"Melalui TEI, kami ingin meningkatkan eksposur produk lokal serta memperluas jangkauan pasar bagi pelaku usaha, khususnya di sektor UMKM," katanya di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Pada event TEI 2024, dua UMKM mitra binaan Pertamina yang akan tampil adalah Azizah Songket dan Afif Pelangi. Keduanya diharapkan mampu menunjukkan produk inovatif serta kualitas tinggi yang mencerminkan kearifan lokal.

"Kehadiran UMKM dalam pameran seperti ini sangat penting untuk mendorong pertumbuhan dan ekspansi pasar. Kami percaya bahwa partisipasi di TEI akan membantu mereka untuk mengembangkan usaha lebih jauh," jelas Tjahyo.

UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia, memiliki peran signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Resep Salted Egg Salmon Skin Ala Chef Devina Hermawan, Gurih dan Renyah Maksimal

BACA JUGA:Cara Mudah Menanam Seledri dengan Botol Plastik, Solusi Praktis untuk Kaum Malas Menyiram Tanaman

Sejalan dengan itu, Tjahyo menekankan bahwa partisipasi dalam pameran ini tidak hanya meningkatkan kesempatan untuk berpromosi, tetapi juga berpotensi besar untuk meningkatkan penjualan produk.

"Di event ini, UMKM dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan mitra bisnis yang mungkin tidak bisa dicapai sebelumnya," ungkapnya.

Salah satu daya tarik dari produk-produk yang ditampilkan oleh mitra binaan Pertamina adalah kain wastra khas Sumatera Selatan.

Produk ini memiliki ciri khas yang hanya bisa ditemukan di daerah asalnya, menjadikannya memiliki nilai jual yang kuat baik di pasar domestik maupun internasional.

Kategori :