HONDA

Lima Kabupaten Zona Hijau, Bengkulu Utara Bakal Menyusul

Lima Kabupaten Zona Hijau, Bengkulu Utara Bakal Menyusul

BENGKULU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si menyampaikan untuk kondisi pemetaan wilayah di Provinsi Bengkulu mendapatkan dua tambahan kabupaten yang berubah kembali menjadi zona hijau, atau daerah yang tidak memiliki kasus konfirmasi positif Covid-19. Ini diketahui berdasarkan update dari gugus tugas nasional percepatan penanganan Covid-19 BPBD Pusat.

"Bahwa  untuk Provinsi Bengkulu hari ini (kemarin red) ada penambahan dua kabupaten yang dinyatakan zona hijau. Yaitu Bengkulu Selatan dan kabupaten Kaur," kata Herwan, Rabu (8/7).

Sehingga, dengan tambahan dua kabupaten tersebut, saat ini provinsi Bengkulu memiliki lima kabupaten yang terbebas dari Covid-19. Ia menjelaskan sebelumnya Lebong tidak ada kasus konfirmasi, Mukomuko ada satu kasus yang sudah sembuh, dan dalam 4 minggu terakhir tidak ada kasus baru.

"Juga demikian dengan Seluma, sudah tidak ada kasus baru dalam 4 minggu terakhir dan seluruh pasien konfirmasi sudah dinyatakan sembuh," tambahnya.

Dengan kabar baik itu, ia pun berharap agar kedepannya kabupaten Bengkulu Utara dapat segera berganti menjadi zona hijau. Dengan syarat 4 minggu terakhir di kabupaten itu tidak ada kasus baru. Dan untuk kasus lama sudah 100 persen dinyatakan sembuh.

" Untuk kabupaten lain itu masih berwarna kuning, kecuali untuk kota Bengkulu dan Kepahiang masih berstatus zona orange," imbuhnya.

Untuk diketahui, terhitung Rabu (8/7), kasus konfirmasi Positif Covid 19 yang dilaporkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bertambah 7 orang. Diantaranya 1 orang dari Kabupaten Rejang Lebong dan 6 orang dari Kota Bengkulu.

"Hari ini (kemarin, red) ada tambahan 7 kasus konfirmasi, sehingga total kasus positif Covid-19 menjadi 151 kasus," ucap Jubir Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Provinsi Bengkulu.

Dikatakannya, untuk kasus 151 sendiri diketahui berasal dari Kabupaten Rejang Lebong. Yakni kaki-laki usia 24 tahun. Dengan Keluhan demam dan sakit kepala dan hasil Rapid Test reaktif. Saat ini dirawat di RSUD Curup Kabupaten Rejang Lebong

"Untuk pasien Rejang Lebong ini memiliki riwayat bepergian dari Palembang beberapa minggu yang lalu. Sebelumnya statusnya PDP dan saat ini naik menjadi kasus konfirmasi. Kita masih lakukan tracking untuk riwayat kontaknya," tutur Jaduliwan.

Kemudian, untuk kasus asal kota Bengkulu, pertama yakni Kasus 145, perempuan, umur 39 tahun, alamat Kota Bengkulu, merupakan istri kasus 146. Kemudian Kedua Kasus 146, laki-laki umur 42 tahun. Saat ini dirawat di Salah satu Rumah Sakit di Kota Bengkulu.

Ketiga, Kasus 147, laki-laki umur 59 tahun. Tidak ada keluhan dan kontak erat dengan kasus 141. Keempat, Kasus 148, laki-laki, 26 tahun. Keluhan batuk, filek, hilang indera penciuman dan sakit kepala.

Kelima, Kasus 149, Perempuan, umur 60 tahun. Keluhan batuk, filek, sesak nafas. Kontak erat dengan kasus 137. Terakhir Kasus 150, Prempuan, umur 24 tahun. Kontak erat dengan kasus 141 dan 147.

"Kita akan segera lakukan kontak tracking kepada semua pasien konfirmasi ini," kata Jaduliwan.

Sementara itu, untuk tambahan Kasus konfirmasi Positif Covid 19 yang dilaporkan sembuh kemarin berjumlah 2  orang. Diantaranya yakni Kasus 111 dan Kasus 115 yang keduanya berasal dari kota Bengkulu.

"Total Kasus konfirmasi Positif Covid 19 yang dilaporkan sembuh sampai dengan hari ini (kemarin, red) berjumlah 98 orang," ujarnya. (war)

Perkembangan Kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu

Kasus Konfirmasi : 151

Sembuh : 98

Dirawat : 9

Dalam Pengawasan : 31

Meninggal : 13

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : 110

Dinyatakan Sehat : 32

Menjadi Konfirmasi : 17

Meninggal : 28

Dirawat : 33

Orang Dalam Pemantaun (ODP) : 970

Proses Pemantaun : 83

Selesai Pemantaun : 887

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: