HONDA

Kontroversi Sinetron Suara Hati Istri: Zahra, Trending di Twitter, Disorot KPI Hingga Akhirnya Ganti Pemeran

Kontroversi Sinetron Suara Hati Istri: Zahra, Trending di Twitter, Disorot KPI Hingga Akhirnya Ganti Pemeran

JAKARTA - Sinetron Suara Hati Istri: Zahra menuai protes dari banyak orang sehingga menjadi trending di Twitter sejak Selasa (1/6) kemarin sampai dengan Rabu (2/6) hari ini. Netizen menyoroti adegan sinetron garapan rumah produksi Mega Kreasi Film tersebut yang dinilai mengampanyekan pernikahan anak di bawah umur dan pedofilia.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sudah meminta penjelasan terhadap stasiun televisi Indosiar buntut dari polemik sinetron Suara Hati Istri: Zahra yang menuai protes dari banyak orang hingga trending di Twitter selama dua hari terakhir. Dari pembicaraan yang berlangsung, KPI dan Indosiar menghasilkan sejumlah poin kesepakatan.

“KPI telah meminta Indosiar untuk memberikan penjelasan terkait sinetron Suara Hati Istri episode Zahra yang melibatkan pemeran perempuan di bawah umur (15 tahun) dan terlibat dalam adegan sebagai seorang istri,” kata Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo, Rabu (2/6).

Salah satu perbaikan yang akan dilakukan Indosiar dalam waktu dekat adalah mengganti pemeran Zahra yang sempat diperankan oleh artis pendatang baru Lea Ciarachel Forneaux. Ia akan diganti dengan pemain lain yang sudah berusia dewasa.

“Indosiar menerima semua masukan dan akan segera mengganti pemeran dalam 3 episode mendatang pada sinetron tersebut,” kata Mulyo Hadi Purnomo lebih lanjut.

Dia melanjutkan, Indosiar ke depannya akan menjadikan usia pemeran sebagai acuan untuk mengingatkan rumah produksi supaya menggunakan artis yang usianya sudah di atas 18 tahun untuk karakter peran yang sudah menikah.

“KPI meminta Indosiar dan TV lain memperhatikan jam tayang dan kepatutan konten atau isi di setiap program yang ditayangkan, terutama yang ditayangkan pada jam anak menonton atau sebelum pukul 22.00 WIB,” tandasnya.

Sinetron Suara Hati Istri: Zahra menuai protes dari banyak orang dan menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen. Mereka menilai sinetron itu mengampanyekan pernikahan anak di bawah umur dan pedofilia.

Karakter Zahra yang diperankan oleh Lea Ciarachel Forneaux disorot netizen karena di usianya yang belum genap 15 tahun sudah memerankan karakter sebagai Zahra, istri ketiga Pak Tirta yang diperankan oleh Panji Saputra. Usia Lea Ciarachel dianggap tidak pantas memerankan karakter Zahra. Karakter Pak Tirta dalam sinetron Suara Hati Istri: Zahra pun tidak luput dari amukan warganet. Salah netizen melalui cuitannya di Twitter menggambarkan karakternya cukup problematik karena dianggap pedofil, melakukan child grooming, dan kekerasan seksual. Akibat hal ini sejumlah netizen mengecam Indosiar karena dianggap telah menayangkan sinetron Zahra. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: