HONDA

Program Kios Sekundang, Baru 300 Calon Penerima Diverifikasi Perbankan

Program Kios Sekundang, Baru 300 Calon Penerima Diverifikasi Perbankan

 

KOTA MANNA - Kios Sekundang merupakan satu program unggulan Pemkab Bengkulu Selatan (BS) di sektor ekonomi kreatif. Hanya saja belum direalisasikan karena dari 1000 kuota yang tersedia baru 300 calon penerima yang akan diverifikasi oleh perbankan.

Sebagaimana diketahui, program pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan di sektor ekonomi kreatif ini terus dikembangkan. Kios Sekundang atau warung yang berbasis digital merupakan program yang memadukan warung dengan tekhnologi digital.

Dari 1000 kuota penerima program peminjaman dari perbankan, tercatat 300 calon penerima Kios Sekundang sudah masuk dalam tahap verifikasi oleh tiga perbankan yakni, Mandiri Taspen, BRI dan Bank Syariah.

Kepala Disperindagkop Bengkulu Selatan, Herman Sunarya, MH mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ulang terkait usaha Kios Sekundang agar diminati oleh warga. Menurutnya, Kios Sekundang merupakan solusi bagi masyarakat yang ingin mencoba berwira usaha. Dengan jumlah kuota 1000, Disperindagkop akan terus mengupayakan agar kuota bantuan untuk peminjaman modal melalui perbankan itu bisa terpenuhi.

Apalagi, setiap bank yang sudah ditunjuk oleh Pemkab Bengkulu Selatan dipastikan terbebas dari pembayaran bunga perbulan. Karena Pemkab Bengkulu Selatan yang akan melunasi setiap bunga dari peminjaman oleh masyarakat yang ingin memulai usaha berbasis digital  yang diinisiasi Bupati Gusnan Mulyadi ini.

“Yang pasti sosialisasi ke masyarakat akan terus dilakukan agar peminat bertambah,” kata Herman

Ditargetkan Kios Sekundang pada akhir tahun ini beroperasi di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan adanya perwakilan di setiap kecamatan tentu diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk memulai usaha berbasis digital.(tek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: