HONDA

Desa Belitar Seberang Masuk Nominasi 300 Besar, Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021

Desa Belitar Seberang Masuk Nominasi 300 Besar, Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021

CURUP - Dari total 1.831 desa wisata yang ada di 34 provinsi Se-Indonesia, salah satu desa wisata Kabupaten Rejang Lebong (RL) berhasil menjadi salah satu dari 300 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021. Desa wisata tersebut yaitu Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong.

Dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong Dra. Hj. Upik Zumratul Aini, M.Si melalui Sekretaris Dispar Achmad Chalid, ST kepada RB kemarin, sebelumnya ada dua desa yang diajukan. Namun dari hasil penilaian Tim Penilai dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Desa Belitar Seberang yang masuk dalam nomintasi 300 besar ADWI tahun 2021.

‘’Alhamdulillah dari dua desa yang kita ikutkan dalam ADWI tahun 2021, salah satunya bisa masuk nominasi 300 besar. Karena memang persiapan desa wisata yang kita sudah bentuk di Kabupaten Rejang Lebong belum maksimal, yang salah satunya karena kendala pandemi Covid-19 saat ini,’’ sampai Achmad.

Dilanjutkan Achmad, kategori penilaian yang dilakukan terhadap desa wisata diantaranya menyangkut Sertifikasi CHSE, toilet, suvenir (kuliner, kriya dan fesyen) dan Homestay. Serta daya tarik wisata, digital dan konten kreatif. Sedangkan untuk klasifikasi desa, yaitu rintisan, berkembang, maju dan mandiri.

‘’Untuk kategori penilaian, mudah-mudahan semuanya sudah memenuhi syarat penilaian sehingga bisa masuk nominasi 300 besar. Sedangkan untuk kategori desa, Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi masuk kategori berkembang," bebernya.

"Meskipun kita tidak memasang target, namun kita berharap Desa Belitar Seberang bisa menorehkan prestasi ditingkat nasional dalam ajang ADWI tahun 2021, minimal bisa masuk nominasi 10 besar nasional,’’ demikian Achmad.(dtk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: