HONDA

Mulai Desember, Hanya Satu Kapal ke Enggano

Mulai Desember, Hanya Satu Kapal ke Enggano

 

ARGA MAKMUR – Transportasi laut dari Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu ke Pelabuhan Malakoni, Enggano saat ini dilayani dua kapal dalam satu minggu yaitu Kapal Sabuk Nusantara (Sanus) 52 dan Kapal Feri Pulo Tello. Kapal ini mengangkut penumpang sekaligus hasil bumi masyarakat untuk keluar masuk Pulau Enggano. BACA JUGA: Dewan Minta Pemda Perhatikan Pulau Enggano

Namun terhitung Desember nanti, dipastikan hanya kapal Sanus 52 yang akan berlayar melayani penumpang. Kadis Perhubungan BU, Nirwan Tomedi, SH menuturkan Dishub BU sudah mendapat pemberitahuan bahwa dari kapal Pulo Tello akan melakukan proses pemeliharaan dan perbaikan (docking) pada Desember mendatang. Docking akan dilakukan hingga Februari 2022.

“Terhitung Desember – Februari hanya Kapal Sanus 52 yang akan menjadi alat transportasi kelaur masuk Enggano,” katanya. Hal ini sudah rutin dilakukan yang sudah menjadi prosedur dari Kapal Feri Pulo Tello. Tujuannya untuk memastikan kapal yang digunakan selama 10 bulan tidak ada kerusakan dan masih layak beroperasi sehingga menghindari kemungkinan terjadi kecelakaan.

“Docking tidak bisa kita hindari, memang harus dilakukan dan untuk keselamatan penumpang,” ujar Nirwan. Dishub BU juga akan mengumumkan pada masyarakat Enggano. Terutama para petani pisang yang rutin mengangkut hasil buminya dari Enggano menuju Kota Bengkulu dengan menggunakan kapal. “Kita akan umumkan sehingga masyarakat bisa bersiap-siap,” jelas Nirwan. BACA JUGA: SPSI: Alhamdulillah UMP Naik

Sementara itu, sebelumnya pelayaran dari Enggano menuju Bengkulu sempat terganggu lantaran cuaca buruk. Saat ini pelayaran sudah mulai normal kembali. Namun curah hujan masih diperkirakan tinggi hingga akhir Desember.(qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: