HONDA

Survei KPID Bengkulu RBTV Paling Digandrungi Milenial

Survei KPID Bengkulu RBTV Paling Digandrungi Milenial

BENGKULU, rakyatbengkulu.com – Survei yang dilakukan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Bengkulu menempatkan RBTV sebagai stasiun televisi lokal yang digandrungi oleh kaum milenial di Provinsi Bengkulu. Selain itu kaum milenial juga masih meminati siaran radio. Radio yang paling diminati adalah RRI.

Selama ini, kaum milenial yang sering dianggap, tidak lagi menonton TV dan mendengarkan radio di era digitalisasi saat ini, ternyata berbanding terbalik dari hasil survei. Ini disampaikan oleh Ketua KPID Bengkulu, Fonika Toyyib. Menurutnya justru para kaum milenial, yang respondennya merupakan pelajar di Kota Bengkulu cenderung senang dan terhindar dengan konten siaran dari TV maupun radio. Kesimpulan ini diketahui dari diseminasi hasil survei minat milenial terhadap konten siaran di Bengkulu.

"Untuk melihat minat milenial terhadap siaran televisi dan radio, yang orang luar mengatakan bahwa mereka tidak lagi menonton TV dan mendengarkan radio. Kita mengulik survei ini dan hasilnya mengejutkan," papar Fonika, Senin (20/12).

Dijelaskannya, pengambilan survei minat generasi milenial terhadap siaran TV dan radio, di Provinsi Bengkulu khususnya di Kota Bengkulu. Dilakukan Januari hingga Maret 2020, sebelum Covid ke 9 sekolah di Kota Bengkulu. Dengan responden 277 siswa. Dengan metode yang dipadukan dengan giat literasi di sekolah dan menyebarkan kuisioner. Juga tujuannya, dari hasilnya untuk mendorong teman-teman di lembaga penyiaran baik TV dan radio untuk lebih memproduksi konten yang lebih dekat dengan anak muda.

"Agar milenial ini tetap dipertahankan. Dari survei ini ternyata mereka tetap menonton TV dan radio. Kalau siaran TV ini genrenya lebih kepada entertainment atau hiburan. Yang paling banyak ditonton itu adalah Trans TV," imbuhnya.

Kemudian untuk radio, lanjutnya, itu paling tinggi itu di musik dan berita. Survei ini diperbolehkan satu responden memilih lebih dari satu stasiun TV maupun radio. Juga untuk TV lokal, juga dilakukan di survei ini.

"Yang lebih mengejutkan, justru kaum milenial ini melihat positif. Mereka mengatakan bahwa siaran TV dan radio itu bisa membuat perilaku lebih baik. Pertama, menambah pengetahuan. Juga menghibur dan bisa mengetahui hal-hal terbaru. Jadi mereka bisa ikut up-to-date. Ternyata hasil surveinya tidak serumit orang dewasa," jelasnya.

Sementara itu, untuk hasil survei televisi daerah di Bengkulu, Rakyat Bengkulu Televisi (RBTV) memiliki tingkat ketertarikan generasi milenial tertinggi. Dengan total perolehan 40 suara atau sebanyak 4 persen dari total suara. Sehingga RBTV di urutan pertama untuk TV lokal. Disusul dengan TVRI, BETV dan Esa TV. Sedangkan untuk siaran radio, Radio Republik Indonesia (RRI) masih menjadi yang paling diminati generasi milenial.

Ditambahkan, akademisi Universitas Bengkulu Lisa Adhrianti bahwa untuk kapasitas daerah peran televisi lokal sangat dimungkinkan untuk dimaksimalkan, sebagaimana hasil survei cukup membanggakan bahwa RBTV dan RRI dapat meraih kans dari kalangan milenial.

"Jika surveinya diglobalkan lagi ke dalam populasi penduduk yang jauh lebih besar, yang jauh lebih tinggi, " jelas Lisa. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: