HONDA

ENERGI: Upaya Mahasiswa UI untuk Meningkatan Pengetahuan Energi Terbarukan

ENERGI:  Upaya Mahasiswa UI untuk Meningkatan Pengetahuan Energi Terbarukan

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Fossil Free Universitas Indonesia, sebuah komunitas yang bergerak mendukung transisi energi terbarukan, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian yang berlangsung pada 5-18 Desember 2021 berupa peningkatan pengetahuan akan energi terbarukan.

Kegiatan ini diikuti 30 siswa terpilih dari SMA Negeri 69 Jakarta yang berlokasi di Kepulauan Seribu. Peningkatan pengetahuan akan energi terbarukan ini penting untuk diketahui sejak dini, khususnya bagi masyarakat yang rentan akan dampak dari perubahan iklim dan peningkatan suhu Bumi. Hal ini sesuai dengan lokasi tempat tinggal siswa karena kawasan pesisir merupakan salah satu kawasan yang paling terdampak.

Kegiatan bertema Generasi Pro-Iklim untuk Negeri Bersih Emisi ini dilakukan secara daring dan juga luring. Kegiatan daring bertujuan untuk membekali siswa akan pengetahuan dasar mengenai perubahan iklim dan energi terbarukan melalui penyampaian materi secara virtual dan adanya focus group discussion. Sedangkan kegiatan luring berupa praktik langsung.

Materi yang telah dibawakan adalah perlindungan lingkungan dan perubahan iklim pada pengajaran pertama, 5 Desember 2021. Selanjutnya energi baru terbarukan pada pengajaran kedua diadakan 11 Desember 2021. Setelah itu, praktik langsung pembuatan mini panel surya dan pembawaan materi mengenai kekuatan masyarakat (people power) dan kampanye energi terbarukan pun dilaksanakan secara interaktif di Aula SMA Negeri 69 pada 18 Desember 2021.

Pada kesempatan ini, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk bisa menyusun rangkaian panel surya mini yang bisa digunakan untuk mengisi daya handphone sebagai bentuk implementasi energi terbarukan.

“Terima kasih kak, aku jadi sadar akan luasnya potensi pengaplikasian energi terbarukan dan sekaligus menjadi makin sadar akan krisis iklim yang terjadi. Aku berharap, makin banyak anak muda khususnya yang sadar akan hal ini (energi terbarukan),” ucap salah satu peserta.

Kegiatan ENERGI ditutup dengan pemberian hasil mini panel surya kepada pihak SMA Negeri 69 Jakarta yang diwakilkan oleh Ibu Juriah selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan pemilihan duta lingkungan yaitu, Julfi Muharam dan Amanda Yasmine.

Pemilihan duta lingkungan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi keaktifan peserta dan diharapkan akan menjadi inisiator, serta katalisator untuk menyebarkan pengetahuan akan perubahan iklim dan energi terbarukan bagi masyarakat. Khususnya generasi muda karena merupakan mata tombak perubahan demi kondisi bumi yang lebih baik.

Fossil Free Universitas Indonesia berharap bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat terus dilakukan melalui dukungan Universitas Indonesia agar menciptakan generasi yang makin sadar akan lingkungan.(ken/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: