HONDA

Oliveira Jawara di Mandalika, Puncak Klasemen MotoGP Tetap Milik Bastianini

Oliveira Jawara di Mandalika, Puncak Klasemen MotoGP Tetap Milik Bastianini

 

MIGUEL Oliveira memang menjadi jawara di seri perdana GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3). Bertarung di sirkuit basah, pebalap KTP Red Bull itu tampil yang tercepat dengan catatan waktu 33 menit 27.223 detik.

Posisi kedua ditempati pembalap Yamaha, Fabio Quartararo. Sementara posisi ketiga adalah pembalap Ducati, Johann Zarco. Tambahan 25 poin, mendongkrak posisi Oliveira dengan menduduki peringkat 4 MotoGP.

BACA JUGA: Mandalika Tanpa Marquez

Adapun puncak klasemen, tetap menjadi pebalap tim Gresini Enea Bastianini. Di Mandalika, pebalap Italia itu berada di urutan 11 dengan Raihan poin 5. Tambahan poin tersebut, cukup membuat Bastianini di puncak klasemen dengan Raihan 30 poin.

Menyusul diurutan kedua pebalap KTM Red Bull Brad Binder dengan poin 28 poin. Di seri Mandalika, Brad hanya berada di urutan 8. Adapun di urutan ketiga, Fabio Quartararo dengan poin 27. Podium kedua di Mandalika, Quartararo mendapat tambahan poin signifikan.

Bagaimana dengan rider Repsol Honda Marc Marquez? Absen di Mandalika, membuat baby alien terpuruk di klasemen sementara. Marquez berada di peringkat 12, dengan raihan 11 poin. Jalannya balapan seri Mandalika

Sementara itu, bertarung di lintasan basah menjadi tantangan tersendiri bagi pebalap di seri Mandalika. Di awal balapan, berada di garis terdepan Fabio Quartararo melesat lebih dulu. Selanjutnya, Miguel Oliveira dan Jack Miller secara bergantian menjadi pemimpin balapan di lap kedua.

Miller terus menjadi pembalap tercepat hingga memasuki keempat keempat. Miller Ia dan Oliveira mulai terlihat sedikit dibandingkan pembalap lain di belakangnya. Keduanya memiliki keunggulan lebih dari lima detik di lap kelima.

Oliveira lalu menyusul Miller di pangkuan setelah Miller melakukan kesalahan. Tak butuh waktu lama, Oliveira menciptakan selisih lebih dari satu detik dengan Miller. Setelah motor Andrea Dovizioso mengalami masalah di lap ketujuh, Jorge Martin mengalami kecelakaan di lap kedelapan.

Pada 11 lap jelang finis, Oliveira mampu menciptaan jarak lebih dari dua detik di atas Miller. Hal tersebut membuat Oliveira cukup nyaman berada di depan. Pada lap ke-11, duel yang bisa terlihat ada pada Alex Rins dan Johann Zarco berebut posisi ketiga.

Ternyata Fabio Quartararo bisa merebut posisi keempat di lap ke-13. Enam lap jelang finis, selisih Oliveira dengan Miller masih ada di atas empat detik. Sementara Johann Zarco dan Fabio Quartararo mulai mendekati Miller.

Quartararo akhirnya mampu melesat ke posisi kedua di lima lap jelang finis.

BACA JUGA: Kepala BNPT Koordinasikan Sirkuit MotoGP Mandalika Aman dari Ancaman Terorisme

Tampil impresif dan tanpa kesulitan mengikuti Zarco dan Miller secara berurutan. Quartaro jadi pembalap dengan kecepatan terbaik di pengujung balapan. Ia berusaha keras untuk meningkatkan waktu dengan Oliveira dan semakin menjauh dari Zarco dan Miller.

Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: