HONDA

Pekan Ini, Puluhan Bonggol Rafflesia di Kelam Tengah Akan Mekar

Pekan Ini, Puluhan Bonggol Rafflesia di Kelam Tengah Akan Mekar

   

KAUR, rakyatbengkulu.com – Puluhan bonggol bunga Rafflesia di Desa Sukarami I, Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur akan mekar.

Salah satu pemandu lokal, Rinaldo (23) warga Desa Sukarami I mengatakan, ada 10 bonggol Bunga Raflesia yang siap mekar dalam minggu ini.

Malah, sejak Senin (18/4) sudah terlihat mekar satu bonggol. BACA JUGA: Laka di Benteng, Innova Tabrak Tukang Sayur Hingga Terseret 7 Meter

“Untuk lokasi, kita temukan di pinggir Sungai Seranjangan Besar. Sedangkan di lokasi lain juga ada, tetapi bonggolnya masih kecil.

Ada juga Bunga Rafflesia yang sudah layu dan menghitam.

Diperkirakan sudah mekar dua minggu yang lalu,” kata Rinaldo.

Rinaldo menambahkan jarak ke  lokasi Bunga Rafflesia dengan Desa Sukarami I, hanya 15 menit dengan mengendarai kendaraan roda dua.

Potensi bonggol yang baru ditemukan ini semua, berada dekat dengan desa.

Menurutnya, jika dilanjutkan pencarian lebih jauh tidak menutup kemungkinan ditemukan lebih banyak lagi bonggol Rafflesia.

Mengingat kawasan tempat tumbuh bunga langka ini, masih kategori alami dan belum tersentuh dengan aktivitas pembukaan lahan.

“Untuk pengunjung yang ingin melihat bunga langka ini, saya siap membantu mengantarkan ke lokasi, secara gratis,” jelas Rinaldo.

Kades Sukarami I, Sirhan membenarkan di lokasi pinggiran Sungai Seranjangan Besar menjadi habitat Bunga Rafflesia sejak dahulu.

Menjaga kawasan agar tetap asri untuk melindungi habitat ini selalu dilakukan oleh masyarakat. BACA JUGA: Tiga Gedung Bakal Dikelola Pihak Ketiga

Adanya potensi ini, sebagai pemerintah desa, ia berharap ada sentuhan dari dinas terkait  agar dapat dikenal masyarakat luas.

“Dari dahulu kami sudah tahu banyak berkembangnya Bunga Rafflesia. Hanya saja untuk menjadikannya objek wisata, baru mulai kami lakukan,” ujarnya. (pir)

Simak Video Berita 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"