HONDA

Ika Semaku Promosikan Ngidak Gelamai Sebagai Lambang Kekeluargaan

Ika Semaku Promosikan Ngidak Gelamai Sebagai Lambang Kekeluargaan

 

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Guna membangkitkan kembali rasa cinta pada budaya terutama kuliner khas daerah Seluma, Manna dan Kaur, Ikatan Keluarga Seluma Manna Kaur (Ika Semaku) menggelar event bernuansa budaya wisata dengan tema Ngidak Gelamai dan Masak Bajik di Sekretariat Ika Semaku, Selasa (17/5).

Wakil Ketua Ika Semaku, Ii Sumirat Mersyah mengatakan, event tersebut digelar selain untuk mempromosikan budaya Bengkulu namun juga dilaksanakan guna menyampaikan pesan moral kedaerahan.

Dalam proses pembuatan, ngidak gelamai dan masak bajik ini membutuhkan tenaga banyak orang sehingga kegiatan ini dapat melambangkan rasa kebersamaan dan bentuk kekeluargaan. BACA JUGA: Acara Ngidak Gelamai Ika Semaku Akan Promosikan Budaya Bengkulu

"Acara yang kita laksanakan hari ini (17/5) tentu menyampaikan pesan moral terkait kedaerahan, sesuai dengan nama kita Ika Semaku," katanya.

Pesan moral dalam kegiatan ini yakni bentuk kebersamaan, serta bentuk kekeluargaan.

Walaupun dalam kegiatan ini dapat dikatakan pekerjaannya terlihat sepele, namun di sini betul - betul terkandung pesan moral kearifan lokal.

"Ini dapat dilihat dari cara memasak gelamai itu sendiri, yang memang membutuhkan kerja sama yang baik," sampainya.

Selanjutnya, dalam event yang dihadiri perwakilan Kabupaten Seluma, Manna dan Kaur tersebut dapat menumbuhkan geliat cinta budaya terutama kepada generasi muda.  

Promosi Budaya

Serta, event tersebut juga sebagai ajang mempromosikan budaya Bengkulu. BACA JUGA: Semalam di Semaku, Lestarikan Budaya, Bangkitkan Geliat Pariwisata

"Alhamdulillah anggota keluarga dari tiga kabupaten besar ini hadir di rumah bersama Ika Semaku.

Ini untuk mewujudkan rasa kebersamaan, sosial masyarakat, demi terciptanya solidaritas dan sosial yang tinggi.

Ini pesan moral dari kegiatan ini," sambungnya.

Lanjutnya, proses produksi makanan gelamai dan bajik dalam event Ngidak Gelamai ini akan diselesaikan dalam satu hari.

Yang nantinya, akan dilanjutkan dengan acara makan bersama dan akan dibagikan kepada masyarakat.

"Akan diselesaikan pada hari ini untuk proses produksi. Selanjutnya kami berharap hasil produksi ini dicicip oleh seluruh masyarakat Bengkulu," ujarnya. Ikut serta melakukan "Ngudak" gelamai langsung Gubernur Bengkulu DR. H. Rohidin Mersyah.

"Nanti hasil masakan ini akan kami sebarkan. Akan dibagikan kepada masyarakat, Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: