HONDA

Banjir di Kota Bengkulu Mulai Surut, Pemilik Pertokoan Bersih-bersih

Banjir di Kota Bengkulu Mulai Surut, Pemilik Pertokoan Bersih-bersih

Pemilik toko bersih-bersih pascabanjir di kawasan Jalan Kalimantan Rawa Makmur, Sabtu (2/7).--Febi/rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID - Banjir yang merendam pemukiman dan pertokoan di kawasan Jalan Kalimantan, Kelurahan Rawa Makmur, Kota Bengkulu lambat laun sudah mulai tampak surut.

Saat ini warga dan pemilik toko mulai beraktivitas kembali membersihkan sisa-sisa lumpur pascabanjir di lokasi.

Meskipun air masih tampak menggenangi rumah-rumah warga yang ada di dalam gang. Air yang sebelumnya membanjiri sejumlah toko yang ada di kawasan tersebut sudah mulai mengering.

Warga dan pemilik toko pun terlihat membersihkan toko mereka dari sisa lumpur dan sampah yang berserakan pascabanjir.

BACA JUGA:Banjir Surut, Warga Terdampak Butuh Air Bersih

"Sudah mulai surut, kita mulai bersih-bersih sisa banjir. Karena mau mulai buka toko dan beraktivitas lagi," sampai Rido salah satu pemilik toko pakaian yang ada di lokasi kepada rakyatbengkulu.disway.id, Sabtu (2/7).

Pemilik toko tampak mulai mengepel bagian dalam toko dari sisa-sisa lumpur. Ada juga yang menggunakan mesin penyedot untuk menyedot sisa-sisa genangan air yang masih tertinggal di dalam toko.

Beberapa bahkan tampak menjemur perabotan dan barang-barang yang masih dapat diselamatkan sebelumnya teredam banjir.

BACA JUGA:Korban Banjir di Bengkulu Mulai Keluhkan Berbagai Penyakit

Sementara itu, berdasarkan data laporan sementara kejadian bencana banjir Provinsi Bengkulu yang diterbitkan BPBD Provinsi Bengkulu update Sabtu 2 Juli 2022, beberapa lokasi di wilayah Bengkulu masih mengalami banjir.

Berikut data laporan infografis banjir terjadi di Provinsi Bengkulu :

1. Kota Bengkulu : Banjir terjadi di 5 Kecamatan, ada 6 masjid terendam, 2 Sekolah terendam dan 2 kantor lurah terendam. Sebanyak 5 posko kesehatan didirikan dengan 2 dapur umum yang telah disiapkan. Ada 2 kecamatan yang airnya sudah mulai surut yakni Kampung Melayu dan Selebar.

Ada data penambahan, yaitu 7 Kelurahan yang baru terdata dan terdampak banjir, serta penambahan penduduk yang berdampak banjir dengan jumlah total keseluruhan 1.727 KK.

2. Kabupaten Seluma : Banjir terjadi di 8 kecamatan dengan merendam 2.440 rumah. 4 fasilitas umum terendam banjir dengan total warga berdampak sebanyak 2.517 KK.

3. Kabupaten Bengkulu Selatan : 33 KK terdampak banjir dengan lokasi banjir terjadi di Desa Telaga Dalam Kecamatan Pino Raya

4. Kabupaten Bengkulu Tengah : 4 Kecamatan berdampak banjir. Dengan korban 100 KK terdampak di Kecamatan Talang Empat, 11 KK di Kecamatan Pondok Kubang, 134 KK di Kecamatan Karang Tinggi dan 27 KK di Kecamatan Pondok Kelapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: