HONDA

Harga Kelapa Anjlok, Petani Fokus ke Kopra

Harga Kelapa Anjlok,  Petani Fokus ke Kopra

Pengolahan kelapa bulat menjadi kopra untuk mengindari kerugian petani kelapa. FOTO: FIRMAN RB--

 

KAUR, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID – Turunnya harga kelapa dalam sebulan terakhir di Kabupaten Kaur, membuat petani harus mengeluarkan modal lagi agar tak rugi lebih dalam.

 

Petani mulai beralih membuat daging kelapa menjadi kopra.

 

Salah seorang petani dan penampung buah kelapa di Desa Pengubaian, Kecamatan Kaur Selatan, M. Zikri mengatakan turunnya harga sudah berjalan satu bulan. Sehingga petani kelapa harus menahan untuk menjual kelapa bulat, atau buah kelapa yang sudah tua.

 

BACA JUGA: Hantam Pohon Kelapa, Mobil Polisi Masuk Jurang, Alhamdulillah Selamat

 

Sebab harga kelapa mengalami penurunan dari Rp 4.000  per buah, menjadi Rp 1.800 - Rp 2.500 per buah.

 

Menurutnya, harga kelapa pernah menyentuh angka tertinggi Rp 8 ribu per buah dengan rata rata penjualan dari petani ke penampung Rp 5-6 ribu per buah. Saat ini lebih baik kami mengeluarkan upah pekerja, dan menahan penjualan ketimbang kelapa kami hanya dihargai Rp 1000 per buah.

 

Untuk daging kelapa yang dijemur menjadi kopra, saat ini dihargai Rp 9 ribu  per kilogram,” terangnya.

 

BACA JUGA: Musim Tanam Tiba, Pupuk Tetap Saja Mahal

 

Zikri menambahkan proses pembuatan kopra ini memakan waktu yang sedikit lama. Kelapa bulat harus diolah dengan dibelah kemudian dagingnya dicongkel dan dijemur, kurang lebih memakan waktu 10 hari, tergantung cuaca.

 

Faktor utama menurunnya harga buah kelapa ini karena banyaknya pasokan kelapa dari kawasan pulau Kalimantan dan Sulawesi serta dari Provinsi Lampung masuk ke Jakarta. Sehingga pengepul di Jakarta kebanjiran buah kelapa disaat pasaran sepi untuk ekspor. Kabupaten Kaur termasuk daerah pemasok kelapa ke wilayah tersebut.

 

"Dari beberapa wilayah juga sudah masuk ke kawasan Jakarta sekarang, sementara ekspor juga lagi sepi, sehingga permintaan dari tempat kita menurun," tuturnya.

 

BACA JUGA: Lagi, Giliran Sopir Ekspedisi Ditodong di Jalur Curup – Linggau

 

Kepala Desa Pengubaian, Herman mengakui anjloknya harga kelapa ini, sehingga mengharuskan petani kelapa mengolah kelapa bulat menjadi kopra terlebih dahulu sebelum dijual. Desa Pengubaian merupakan salah satu desa pemasok kelapa ke Pulau Jawa, dengan total luas perkebunan kelapa sekitar 80 hektare

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: