HONDA

Jalan Penghubung Terancam Putus, Rumah Warga Nyaris Tergerus

Jalan Penghubung Terancam Putus, Rumah Warga Nyaris Tergerus

Jalan Bumi Ayu Ujung RT 20 RW 4 rawan putus karena tanah disisi gorong-gorong sudah amblas akibat terkikis hujan.FOTO: DOK RB--

 

BENGKULU, RAKYATBENGKULU,DISWAY.ID – Banjir yang melanda beberapa titik di Provinsi Bengkulu belum lama ini, membuat kediaman Ijar Sujiwoto di Kelurahan Bumi Ayu, RT 20 RW 4 nyaris amblas. 

Hal ini diakibarkan, tanah di sebelah rumahnya mengalami longsor.  Dari pantauan RB, (3/7) kediamannya tepat berada di sebelah drainase. Amblasnya tanah di sebelah rumah Ijar,  diawali pada 31 November 2021 saat ada pelebaran dan pendalaman drainase yang dikerjakan PUPR Kota Bengkulu.

Bencana banjir akhir Juni lalu, makin membuat parah situasi.

BACA JUGA: 1.272 KK Terdampak Banjir

Usai pengerjaan itulah tanah di sebelah rumah Ijar sering kali amblas. Dikatakan Ijar kepada RB, sebelum drainase di sebelah rumahnya dilebarkan PUPR Kota, sebelah rumahnya tidak pernah longsor.

Hal ini juga dikarenakan pada saat pengerjaan tersebut pelapis tebing di samping rumahnya ambruk. 

“Akibat banjir beberapa waktu lalu bibir jembatan dan tanah di rumah saya amblas. Saat banjir besar, tanah di sebelah rumah saya longsor dan terkikis seperti ini, hampir membuat rumah saya ambruk,” kata Ijar saat ditemui kemarin.  

Dijelaskannya, tanggal 29 Juni 2022, yang lebih dulu amblas adalah tanah yang berada di sebelah rumahnya dan mengakibatkan bengkel miliknya hampir ambruk. Termasuk pohon sawit yang tepat disebelah rumahnya roboh, hingga menimpa tiang listrik serta tiang Telkom.

Karena kejadian ini pula, sempat membuat seketika listrik di Kelurahaan Bumi Ayu padam. 

Kemudian pada tanggal 30 Juni 2022 giliran tanah yang berada di bibir irigasi yang mengalami amblas yang membuat badan jalan juga ikut amblas. Ia berharap, agar Pemerintah Kota Bengkulu terkhusus kepada Dinas terkai agar dapat segera mengatasi persoalan ini. 

BACA JUGA: Larikan Istri Orang, Bujang Kepahiang Dihukum Pecut 100 Kali

“Harapan kami kepada Pemkot, tolong rumah dan bengkel kami dicarikan solusinya. Seperti melakukan pemasangan pelapis tebing. Dan juga jembatan kalau amblas. tanah tidak cepat dilakukan penanganan, bisa amblas juga jembatannya. Karena ini adalah akses jalan utama kelurahan bumi ayu menuju bumi ayu ujung,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Marzalena ST.MT mengatakan,  pihaknya akan segera melakukan pengecekan di lokasi tersebut agar dapat mengetahui kepastiannya, dan dapat mencarikan solusi terkait permasalahan tersebut. 

“Kalau itu nanti kita lakukan pengecekan terlebih dahulu. Kemungkinan besok (hari ini, red) akan kita lakukan pengecekan,” demikian Marzalena. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: