HONDA

Fluktuasi Harga Sawit, Harganya belum Sesuai Harapan Petani, Cek Harga Terkini

Fluktuasi Harga Sawit, Harganya belum Sesuai Harapan Petani, Cek Harga Terkini

Kiri kanan badan jalan nasional dipenuhi antrian kendaraan bermuatan TBS kelapa sawit, hendak masuk ke PKS PT. BMK. foto: dok RB--

 

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID –  Sepekan terakhir, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Mukomuko, alami fluktuasi. Tidak satupun pabrik kelapa sawit (PKS) yang menetapkan harga stabil.

Harga yang diharapkan terus naik, namun terkadang kembali diselingi harga TBS turun dari sebelumnya. Kemudian, meskipun ada kenaikan, namun jarak kenaikannya pun tidak terlalu signifikan.

Dari daftar harga yang ada, masih belum sesuai dengan harapan petani sawit pada umumnya.  Per 3 Juli 2022, harga TBS kelapa sawit di tujuh pabrik justru alami penurunan.

Seperti PT. Karya Sawitindo Mas (KSM), pada 1 Juli membeli TBS Rp 1.130/kilogram (Kg), menjadi hanya Rp 1.100/Kg.

BACA JUGA: Harga Sawit Anjlok, Konsumsi Pangan Ikut

PT. Muko Muko Indah Lestari (MMIL) dari Rp 1.150/Kg, turun jadi Rp 1.120/Kg. dan PT. Karya Agro Sawitindo (KAS) dari Rp 1.130/Kg, per 3 Juli turun menjadi Rp 1.100/Kg.

Berikutnya, di PT Daria Dharma Pratama (DDP), dari Rp 1.150/Kg menjadi Rp 1.120/Kg. PT. Usaha Sawit Mandiri (USM) turun jadi Rp 1.220/Kg dari sebelumnya Rp 1.250/Kg. PT. Bumi Mentari Karya (BMK) sekarang beli Rp 1.130/Kg dari sebelumnya dengan harga Rp 1.210/Kg.

PT. Gajah Sakti Sawit (GSS) dengan harga Rp 1.180/Kg dari 1 Juli dengan harga Rp 1.210/Kg.

Sedangkan di dua pabrik, harga beli TBS kelapa sawit masyarakat, masih bertahan. Yakni PT. Surya Andalan Primatama (SAP) masih di Rp 1.180/Kg. Dan di PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Rp 870/Kg. 

Padahal, harga pada 1 Juli itu, alami kenaikan dibandingkan harga TBS pada tanggal 26 Juni 2022. Sebab saat itu, harga dibawah harga TBS tertanggal 1 Juli 2022.

BACA JUGA: Kasus Kepemilikan Senpi, Anak Mantan Pejabat Seluma Tersangka

Seperti di PT. Sapta saat itu hanya membeli seharga Rp 670/Kg, PT. KSM Rp 1.050/Kg, PT. MMIL Rp 1.070/Kg, PT. SAP Rp 930/Kg, PT. KAS Rp 1.050/Kg, PT. DDP Rp 1.070/Kg, PT. USM Rp 1.120/Kg, PT. BMK Rp 1.140/Kg.

PT. GSS Rp 1.130/Kg. Dan harga di 26 Juni itu, juga lebih baik dari harga TBS kelapa sawit tertanggal 25 Juni 2022. Sebab PT. KSM waktu itu membeli TBS kelapa sawit petani hanya di harga Rp 950/Kg, PT. MMIL Rp 970/Kg, PT. SAP Rp 730/Kg, PT. DDP Rp 1.000/Kg, PT. USM Rp 970/Kg, dan PT. GSS Rp 1.020/Kg.

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA optimis, harga TBS kelapa sawit terus alami peningkatan. Kuncinya, ekspor crude palm oil (CPO) maupun produk turunan lainnya dari CPO berjalan lancar.

Apalagi pemerintah pusat membuka seluas-luasnya peluang ekspor tersebut.

BACA JUGA: Jalan Penghubung Terancam Putus, Rumah Warga Nyaris Tergerus

“Mudah - mudahan proses ekspor lancar, kita berdoa bersama. Pemerintah pusat udah buka krannya dan dapat kita lihat, harga sekarang ini sudah jauh lebih baik dari beberapa waktu lalu. Tentunya tidak langsung begitu naik dan bertahan, tapi kondisi sekarang, harga sudah berangsur naik,” kata Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mukomuko, Eddy Aprianto, SP, M.Si. Bahwa dampak perubahan harga TBS kelapa sawit, pengaruhi tingkat konsumsi pangan di Kabupaten Mukomuko.

Ketika harga TBS terjun bebas, konsumsi pangan warga langsung menurun drastis.

BACA JUGA: Musim Liburan Tiba, Benteng Marlborough jadi Pilihan Pengunjung Luar

“Harga sawit di Mukomuko sangat berpengaruh dengan konsumsi pangan warga. Jika harga sawit mahal, konsumsi pangan pun meningkat. Begitu juga sebaliknya. Murahnya harga sawit, berpengaruh benar terhadap turunnya konsumsi pangan warga,” ungkap Eddy. 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: