Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Buat Warga Muhammadiyah: Ini 9 Titik Salat Id di Kepahiang

Buat Warga Muhammadiyah: Ini 9 Titik Salat Id di Kepahiang

--

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.disway.id – Sesuai Maklumat Nomor 01/ MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriah, maka jamaah Muhammadiyah melaksanakan ibadah Salat Id pada Idul Adha 1443 H, Sabtu (9/7).

Hal tersebut sesuai dengan hasil penghitungan yang dilakukan majelis tarjih dan tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk menetapkan Ramadan, Idul Fitri dan Idul Adha. Ketua DPC Muhammadiyah Kabupaten Kepahiang, Abdul Rokhim mengatakan, dalam pelaksanaan ibadah salat Id pada Sabtu mendatang, pihaknya telah menyiapkan 9 lokasi.

Tak hanya diperuntukkan bagi warga Muhammadiyah, tetapi juga dipersilakan bagi masyarakat umum yang ingin melaksanakan salat Id pada hari yang sama.

BACA JUGA:Larikan Istri Orang, Bujang Kepahiang Dihukum Pecut 100 Kali

Kesembilan titik tersebut, Masjid Taqwa Kelurahan Pensiunan Kecamatan Kepahiang, Ranting Muhammdiyah Desa Permu Kecamatan Kepahiang, Ranting Muhammadiyah Desa Talang Karet (Mushala) Muhammadiyah) Kecamatan Tebat Karai, Masjid Attamutaqin Kecamatan Tebat Karai, dan Masjid Al Falah di Desa Nanti Agung Kecamatan Tebat Karai.

Selanjutnya, di PC Muhammadiyah tepatnya di Masjid Al-Falah Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas, Masjid Istiqomah Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas, Masjid At-Taqwa Desa Batu Bandung Kecamatan Muara Kemumu, dan Masjid Al-Mutaqin Ranting Muhammdiyah Pasar Ujung Kecamatan Kepahiang.

“Dalam menetapkan salat Id jatuh pada hari Sabtu, Muhammadiyah sudah memiliki penghitungan sendiri yang dilakukan oleh para majelis ahli. Penetapan tersebut telah dikeluarkan melalui Maklumat PP Muhammadiyah beberapa waktu lalu. Itu yang kita ikuti saat ini,” terang Rokhim.

BACA JUGA:20 Ton Bibit Bawang Merah Disalurkan, di Kepahiang

Dijelaskan Rokhim, berdasarkan Maklumat yang dikeluarkan PP Muhammadiyah pada 3 Februari 2022 lalu, diketahui pada hari Rabu Legi, 29 Zulkaidah 1443 H bertepatan dengan 29 Juni 2022 M, ijtimak jelang Zulhijah 1443 H terjadi pada pukul 09:55:07 WIB.

Selanjutnya tinggi bulan pada saat Matahari terbenam di Yogyakarta, dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat Matahari terbenam itu Bulan berada di atas ufuk.

“Sehingga 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada hari Kamis Pahing, 30 Juni 2022 M. Kemudian Hari Arafah (9 Zulhijah 1443 H) hari Jumat Kliwon, 8 Juli 2022 M. Terakhir Idul Adha (10 Zulhijah 1443 H) hari Sabtu Legi, 9 Juli 2022 M,” demikian Rokhim. (sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"