HONDA

E-Book Senam Hamil berguna untuk Ibu Hamil

E-Book Senam Hamil berguna untuk Ibu Hamil

Elsa Puji Mediastuti, Mahasiswi Magister Kebidanan - Stikes Dharma Husada Bandung--

 

ARIKEL, enurut World Health Organization (WHO) sekitar 295.000 wanita meninggal selama kehamilan dan persalinan pada tahun 2019. Afrika Sub- Sahara dan Asia Selatan menyumbang sekitar 86% (254.000) dari perkiraan kematian ibu global.

Pada saat yang sama, antara tahun 2000 dan 2019, Asia Selatan mencapai pengurangan AKI keseluruhan terbesar, penurunan hampir 60% (dari AKI 384 menjadi 157). Meskipun AKI-nya sangat tinggi pada tahun 2019, Afrika sub-Sahara sebagai sub-wilayah juga mencapai pengurangan besar dalam MMR hampir 40% sejak tahun 2000.

Secara keseluruhan, rasio kematian ibu (AKI) di negara-negara kurang berkembang menurun hanya di bawah 50%. 

Berdasarkan SDKI (2018) Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih tinggi yaitu sebesar 359/100.000 kelahiran hidup, namun mengalami penurunan pada tahun 2015 yaitu sebesar 305/100.000 kelahiran hidup.

Penyebab dari angka kematian ibu di Indonesia antara lain perdarahan 30,1%, preeklampsi 27,1%, infeksi 7,3%, partus lama 1,8%, abortus 1,6%. Penyebab dari perdarahan antara lain retensio plasenta 15,1%, sisa plasenta 10% dan ruptur perineum 5%.

Proses persalinan memerlukan persiapan fisik maupun mental dari ibu supaya memperoleh persalinan yang aman dan lancar. Berbagai cara dilakukan demi terlaksananya persalinan yang aman dan lancar diantaranya persiapan sejak kehamilan.

Untuk memperlancar proses persalinan persiapan yang dilakukan sejak kehamilan diantaranya melakukan senam hamil.

Upaya penurunan AKI dapat dilakukan dengan menjamin agar setiap ibu mampu mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas. Seperti pelayanan kesehatan ibu hamil, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih difasilitas kesehatan, perawatan pasca persalinan bagi ibu dan bayi.

Perawatan khusus dan rujukan jika terjadi komplikasi, kemudahan mendapatkan cuti hamil dan melahirkan, dan pelayanan keluarga berencana.

Senam hamil merupakan terapi latihan gerak yang diberikan pada ibu-ibu hamil untuk mempersiapkan dirinya, baik persiapan fisik maupun mental untuk menghadapi dan mempersiapkan persalinan cepat, aman dan spontan.

Senam hamil yang diterapkan, bukan senam yang beriorientasi sebatas pada kebugaran tubuh semata. Melainkan memperkuat otot, melenturkan persendian, dan utamanya melatih konsentrasi agar bisa mengalihkan pikiran sehingga bisa melupakan rasa sakit saat melahirkan, serta menguatkan napas.

Permasalahan yang sering dihadapi karena senam hamil selama ini dilakukan dengan menghandalkan intstruksi dari instruktur senam hamil saja tanpa pengulangan serta penjelasan dari manfaat Gerakan senam hamil tersebut.

Hal ini akan berpengaruh terhadap keefektifan Gerakan dalam mengatasi nyeri otot serta nyeri pinggang pada ibu dan membantu meringankan proses persalinan.

Berdasarkan analisa permasalahan diatas maka alternatif solusi dalam pemecahan masalah yang dapat diambil yaitu diperlukan adanya Sistem informasi berupa aplikasi E-book senam hamil pada layanan website yang dapat selalu siap dan praktis digunakan di era digitalisasi seperti saat ini.

Sistem informasi ini dapat mengetahui tentang video panduan senam hamil berupa gerakan, kegunaan gerakan, dan aturan dalam melakukan senam hamil yang akan membantu dalam mengatasi nyeri pungggung pada ibu dan mengurangi rasa sakit saat persalinan.

Dengan aplikasi E-book senam hamil sangat berguna untuk ibu hamil maka diharapkan semua ibu hamil mampu melakukan senam hamil dengan baik dan benar, secara mandiri, mengurangi rasa sakit saat persalinan dan mampu melakukan senam hamil secara rutin dengan E-book. 

Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penulisan artikel ini. Semoga artikel ini membantu semua ibu hamil untuk mempersiapkan persiapan fisik maupun mental dalam menghadapi proses persalinannya

 

Penulis: Elsa Puji Mediastuti

 Mahasiswi Magister Kebidanan - Stikes Dharma Husada Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"