HONDA

Di Seluma, Harga Sawit Tertinggi Rp 850/Kg

Di Seluma, Harga Sawit Tertinggi Rp 850/Kg

Warga tengah melansir TBS di tempat pengepul di Desa BP II Kecamatan Sukaraja.--

SELUMA, rakyatbengkulu.disway.id - Harga Tandan Buah Segara (TBS) sawit di Kabupaten Seluma belum kunjung membaik. Masih di kisaran Rp 700/Kg sampai Rp 850/Kg di tingkat petani.

Sehingga membuat petani sawit semakin terpuruk. Data terhimpun, harga TBS di sejumlah pabrik CPO yang ada di Kabupaten Seluma per 12 Juli 2022, di PT. BSL 2 Rp 890/Kg, PT Bio Mitra Rp 975/Kg.

Kemudian PT. PMS  Rp 920/ Kg, PT. AIP  Rp 1175/Kg. “Sampai saat ini belum ada perbaikan harga dari pabrik CPO. Sehingga kami toke bisa membeli ke petani tergantung dengan operasional di lapangan.

BACA JUGA:Sawit jadi Bahasan Utama Dewan Seluma, Desak Kada Menghadap Presiden

Berkisaran Rp 700/Kg hingga Rp 850/Kg,” sampai salah seorang toke sawit, Nizon. Salah satu petani sawit Desa Jenggalu, Tukiran mengatakan, jika dibandingkan dengan biaya perawatan dan operasionalnya tidak balik modal.

Karena harga pupuk saja sudah  Rp 800 ribu per sak. Belum biaya perawatan upah panen, upah angkutan dan lainnya. Namun jika tidak dipanen dikhawatirkan akan merusak tanaman lain akibat membusuk.

“Harga sekarang Rp 800/Kg mas jual ke pengepul, harga turun terus. Pupuk saja tidak terbeli dan modal yang sudah dikeluarkan tidak balik,” ungkapnya.

Nasib petani sawit yang sumber ekonomi tergantung sawit saat ini sangat krisis. Diperparah dengan harga sembilan bahan pokok (Sembako) naik semua.  “Tidak tahu sekarang mau gimana, harga sawit murah, semua sembako naik,” ujarnya.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: