HONDA

Besok Malam Festival Muharram 2022 Dibuka, Ada Bazar dan Pagelaran Seni

Besok Malam Festival Muharram 2022 Dibuka, Ada Bazar dan Pagelaran Seni

Festival Muharram digelar di Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu dan akan dibuka besok malam.--Febi/rakyatbengkulu.disway.id

 

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID - Festival Muharram 1444 H / 2022 Masehi yang diinisiasi oleh Tradisi Budaya Kerukunan Keluarga Tabut (TB KKT) Bengkulu, Jumat (29/7/2022) malam akan dibuka secara resmi.

Disampaikan oleh Ketua TB KKT Bengkulu, Oza Tarino, Festival Muharram tersebut akan digelar di lapangan Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Digelar selama 10 hari pada 29 Juli - 8 Agustus mendatang. Sementara untuk pembukaan sendirian akan dilakukan besok (29/7/2022) malam.

"Insya Allah pembukaan Festival Muharram akan dibuka besok malam, kita sudah menggelar rapat adat dengan BMA Kota Bengkulu untuk ikut serta dalam pembukaan Festival Muharram ini," sampainya kepada rakyatbengkulu.disway.id, Kamis (28/7/2022).

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Batalkan Bazar dan Pameran UMKM di Festival Tabut

Lanjut Oza, pada pembukaan Festival Muharram sendiri akan ditampilkan pertunjukan dan pagelaran seni yang akan dilanjutkan dengan prosesi mengambik (ambil) tanah yang dilakukan oleh TB KKT.

"Opening kita akan ada tari kreasi dan musik untuk memeriahkan acara itu dan prosesi kita kami keluarga tabut akan mengambil tanah," sambungnya.

Selama perayaan Festival Muharram akan dimeriahkan oleh bazar dan pameran UMKM serta berbagai pertunjukan kesenian khas Bengkulu.

Seperti musik dhol, festival permainan rakyat, pagelaran seni musik, pagelaran kesenian telong-telong hingga arak gedang atau tabut besanding.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Dijadwal Buka Festival Tabut Bengkulu

Pihaknya mengajak untuk seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu khususnya untuk sama-sama memeriahkan Festival Muharram tersebut.

"Festival ini adalah punya masyarakat Bengkulu, kami TB KKT mengundang adik sanak untuk sama-sama memeriahkan Festival Muharram supaya menggeliat baik itu budaya maupun ekonomi kreatif kita," katanya.

Festival Muharam yang dilaksanakan TB KKT ini tidak satu rangkaian dengan Festival Tabut yang digelar Pemprov Bengkulu bersama Keluarga Kerukunan Tabut (KKT). Meski demikian Festival Muharram ini hadir untuk ikut memeriahkan Festival Tabut yang digelar Pemprov tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"