HONDA

Kabar Baik! Bansos BPNT Tahap 5 dan PKH Tahap 4 akan Segera Cair Oktober 2023

Kabar Baik! Bansos BPNT Tahap 5 dan PKH Tahap 4 akan Segera Cair Oktober 2023

Akan segera cair Oktober 2023, Bansos BPNT tahap 5 dan PKH tahap 4 yang menjadi kabar baik.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COMBansos atau Bantuan Sosial adalah program pemerintah Indonesia untuk dapat mambatu meringankan beban ekonomi masyarakat yang kurang mampu agar dapat lebih sejahtera.

Bansos ini disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dan tersedia beberapa program, seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk kedua jenis dari bantuan sosial ini merupakan hal yang paling ditunggu oleh masyarakat penerima manfaat pada setiap tahunnya. 

Adapun untuk bulan Oktober 2023 akan memasuki tahap pembagian terbaru yang akan segera disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BACA JUGA:Tidak Harus Berhenti Kerja atau PHK, Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dicairkan

Untuk Bansos BPNT dan PKH ini ada terdapat perbedaan jenis bantuannya, Bansos BPNT ini adalah bantuan yang bersifat non-tunai yang mana KPM harus membelanjakan uang bantuan yang dibagikan tersebut menjadi sembako.

Sedangkan untuk Bansos PKH ini adalah jenis bansos tunai yang mana penerima manfaat akan mendapatkan uang yang berdasarkan kategori KPM, dan Pembagian PKH dilakukan secara 4 tahap.

Apabila kamu yang merupakan KPM ingin melakukan pengecekan nama, apakah telah terdaftar sebagai KPM bantuan sosial ini, dapat mengakses secara online di website Kemensos.

Diketahui ada beberapa jenis Bansos yang akan cair pada bulan Oktober 2023 ini, yaitu Bansos BPNT tahap 5 dan Bansos PKH tahap 4, untuk lebih jelas simak berikut ini:

BACA JUGA:KPR Melalui BPJS: Cara Mudah Dapatkan Rumah Impian dengan BPJS Ketenagakerjaan

1. Bansos BPNT Tahap 5

Bansos BPNT ini akan dicairkan untuk tahap 5 di bulan Oktober 2023, KPM akan menerima bantuan berupa uang tunai melalui Bank Himbara ataupun Kantor POS di wilayah setempat.

Adanya perbedaan untuk mekanisme dari pembagian bansos BPNT di tahun ini, Bansos BPNT ini dibagikan untuk bantuan 2 bulan sekaligus. Seperti di bulan Oktober 2023 akan dibagikan langsung Rp400 ribu untuk setiap KPM.

Pada pembagian sebelumnya bansos BPNT ini hanya dibagikan sebanyak Rp200 ribu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"