HONDA

Sejarah Panjang Konflik Israel-Palestina Yang Tak Kunjung Usai, Akankah Berakhir?

Sejarah Panjang Konflik Israel-Palestina Yang Tak Kunjung Usai, Akankah Berakhir?

Sejarah Panjang Konflik Israel-Palestina Yang Tak Kunjung Usai, Akankah Berakhir?--rakyatbengkulu.disway.id

Akibatnya wilayah Yerusalem terbagi menjadi dua bagian, dimana wilayah barat dikuasai Israel dan bagian timur dikuasai Yordania. Ini membuat Palestina bergejolak untuk menyerang Israel.

Perang Enam Hari

Israel mengalahkan Mesir, Yordania dan Suriah. Israel juga menduduki Yerusalem Timur, Tepi Barat, Jalur Gaza dan Dataran Tinggi Golan dalam perang enam hari pada Juni 1967.

BACA JUGA:Kredit di BPJS! Tenor Bisa 30 Tahun, Punya Rumah Impian Seharga Rp500 Juta Bukan Lagi Mimpi

Permukiman Yahudi di wilayah pendudukan Israel dimulai tak lama setelahnya dan berlanjut hingga saat ini di Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Dataran Tinggi Golan.

Saat hari raya Yahudi, Yom Kippur tanggal 6 Oktober 1973 Negara-negara Arab menyerang, namun Israel berhasil menghalau serangan itu.

BACA JUGA:Mitos Kucing Calico Belang Tiga, Kucing Raja yang Diyakini Membawa Hoki dan Kaya Raya

Intifada Pertama dan Perjanjian Oslo

Intifada atau yang berarti perlawanan dalam Bahasa Arab dilakukan Palestina melawan pemerintahan Israel, berkecamuk dari tahun 1987 hingga 1993. Israel dan PLO menandatangani sebuah deklarasi Pada 1993 mengenai prinsip-prinsip otonomi Palestina. 

Kemudian melakukan negosiasi rahasia selama enam bulan di Oslo dan memulai proses perdamaian yang hingga kini masih belum tercapai. Setelah 27 tahun di pengasingan, pemimpin PLO Yasser Arafat kembali ke wilayah Palestina untuk mendirikan Otoritas Palestina pada Juli 1994.

BACA JUGA:Baca Al Waqiah Saat Sedang Sakit, Allah Ringankan Sakitnya, Dapat Syafaat pada Hari Kiamat

Intifada Kedua

Intifada kedua dimulai pada 28 September 2000, ketika  Ariel Sharon, pemimpin oposisi Partai Likud Israel, melakukan kunjungan provokatif ke kompleks Masjid Al Aqsa. Saat itu, ribuan pasukan keamanan ditempatkan dalam dan sekitar Kota Tua Yerusalem.

Israel menanggapi gelombang bom bunuh diri yang terjadi pada tahun 2002 dengan menginvasi Tepi Barat dalam operasi terbesarnya sejak perang tahun 1967.

BACA JUGA:Ajukan Cuti Sekarang! Liburan dengan Nyaman: Pinjaman BPJS Rp 10 juta Biaya Cicilan 600 Ribuan Perbulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"