HONDA

Sering Dianggap Gulma: Ternyata Sirih Bumi Punya Segudang Manfaat yang Jarang Diketahui

Sering Dianggap Gulma: Ternyata Sirih Bumi Punya Segudang Manfaat yang Jarang Diketahui

Sering Dianggap Gulma: Ternyata Sirih Bumi Punya Segudang Manfaat yang Jarang Diketahui--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Apakah anda tahu tanaman yang biasa kita anggap sebagai rumput liar atau gulma ini ternyata memiliki sejuta manfaat. Dikenal dengan nama sirih bumi atau sirih China, bahasa ilmiahnya yaitu Peperomia pellucida. 

Tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah di Indonesia karena tanaman ini tumbuh di daerah lembab atau tropis. Biasanya tanaman Sirih Bumi ini sering tumbuh di pekarangan, pinggir jalan, atau area terbuka lainnya.

Bentuk daunnya menyerupai daun sirih, itulah sebabnya diberi nama "Sirih Bumi." Sirih bumi dapat tumbuh hingga 20 hingga 40 cm.

BACA JUGA:Pinjaman Dana Siaga BPJS: Bunga Hanya 1 Persen. Simak Syarat dan Keuntungannya!

Memiliki batang berwarna bening kehijauan dan daun berwarna hijau berbentuk love terbalik yang memiliki banyak kandungan air.

Namun karena banyak yang tidak tahu akan manfaat dari tanaman liar ini, sehingga Sirih Bumi sering dianggap sebagai gulma adalah karena sifatnya yang tumbuh dengan cepat dan dapat menyebar di berbagai lokasi.

Tanaman ini sering muncul tanpa sengaja di kebun dan area lain yang diinginkan untuk ditanami dengan tanaman lain. Karena pertumbuhannya yang agresif, banyak orang menganggapnya sebagai hama dan berusaha untuk menghilangkannya.

BACA JUGA:Ingin Berjodoh Polwan! Ini Daftar Sebaran Polwan Terbanyak di Provinsi Bengkulu

Meskipun sering dianggap gulma, Sirih Bumi sebenarnya bisa dikonsumsi. Daun dan batang Sirih Bumi memiliki nilai gizi yang tinggi.

Menurut penelitian, Sirih bumi banyak mengandung alkaloid, tanin, saponin,polifenol, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri. 

Seluruh bagian sirih bumi dapat dijadikian obat, dan dapat memberi efek farmakologis sebagai analgesic atau pengurang rasa sakit. Maka dari itu tumpuhan ini dapat dijadikan obat luka/ terbakar. Selain itu, dapat juga sebagai anti radang dan antibiotic.

BACA JUGA:Wow! Puluhan Ribu Penduduk di 3 Kabupaten Ini Berbondong-Bondong Keluar Daerah, Pindah Seumur Hidup

Sirih Bumi memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Beberapa manfaatnya meliputi:

* Obat berbagai penyakit : ada juga sebuah penelitian yang menunjukan aktifitas sirih bumi sebagai anti oksidan,  anti hiperurisemia, abses, bisul, radang kulit, dan anti kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: