HONDA

Info Penting! Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023 Dibuka, Ini Tahap Seleksinya

Info Penting! Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023 Dibuka, Ini Tahap Seleksinya

Ini tahap seleksinya, Kemendikbudristek buka pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023. --dokumen/rakyatbengkulu.com

JAKARTA, RAKYATBENGKULU.COM - Info penting bagi Anda. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) kembali membuka pendaftaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 3 tahun 2023.

Langkah ini bertujuan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan guru dalam jenjang sekolah dasar dan menengah, dengan penekanan pada optimasi kualitas layanan pendidikan.

Pendaftaran untuk gelombang ketiga ini tersedia mulai tanggal 25 Oktober hingga 12 November 2023.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Profesi Guru, Adhika Ganendra, menjelaskan bahwa PPG Prajabatan bertujuan menciptakan keseimbangan yang optimal antara jumlah dan kualitas guru.

BACA JUGA:PPG Guru Madrasah dalam Jabatan Kembali Digelar, Jadi Syarat Penting Terima Tunjangan Profesi Guru

Hal ini menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai Profil Pelajar Pancasila.

"Kami masih menghadapi tingginya kekosongan guru pada tahun 2023, dengan sekitar 54 ribu formasi guru yang belum terisi dalam rekrutmen ASN P3K Tahun 2023," kata Adhika dikutip kemdikbud.go.id, Sabtu, 28 Oktober 2023.

"Ditambah lagi, tahun 2024 akan melihat pensiunnya sebanyak 69.735 guru. Oleh karena itu, kami membuka pendaftaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 3 tahun 2023," lanjut Adhika.

Adhika menekankan bahwa pada gelombang pendaftaran ketiga ini, Kemendikbudristek memperluas program PPG Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan ilmiah yang mendesak.

BACA JUGA:Nyaris Gagal, Akhirnya 400 Guru Honorer Bisa Ikut PPG

Keputusan ini diambil karena jenjang Sekolah Dasar (SD) menghadapi kekosongan guru terbesar, mencapai 12 persen.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi yang bertujuan mencetak generasi guru baru di Indonesia yang berkomitmen untuk menjadi teladan, mencintai profesi guru, dan bersedia terus belajar sepanjang karier mereka.

Program ini terbuka bagi lulusan sarjana, sarjana terapan, maupun Diploma IV, baik dari jurusan pendidikan maupun non-kependidikan. Tujuannya adalah memberikan sertifikat pendidik kepada calon guru.

Bidang studi PPG Prajabatan gelombang 3 tahun 2023 telah dipilih berdasarkan data kebutuhan guru dan mencakup PGSD, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: