HONDA

Periode Emas Masa Awal Kehidupan Anak, Otak Sedang Tumbuh Secara Maksimal, Hati-Hati Stunting

Periode Emas Masa Awal Kehidupan Anak, Otak Sedang Tumbuh Secara Maksimal, Hati-Hati Stunting

Periode Emas Masa Awal Kehidupan Anak, Otak Sedang Tumbuh Secara Maksimal, Hati-Hati Stunting--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Orang tua muda perlu tahu tentang istilah golden age pada anak. Golden Age atau yang dikenal dengan periode emas anak merupakan pertumbuhan dan perkembangan yang sangat penting untuk masa awal kehidupan anak. 

Golden age ini terhitung 1.000 hari pertama, yaitu sejak dari kandungan hingga usia dua tahun. Ini masa yang sangat menentukan karakter dan kepribadian anak. 

BACA JUGA:Tanamkan Pondasi Cinta Pada Sholat, Jadilah Contoh Bagi Anak, Umur 10 Tahun Tidak Sholat Boleh Disanksi

Orang tua wajib memperhatikan anaknya, karena pada masa ini otak sedang bertumbuh secara maksimal. Begitu pula pertumbuhan fisik dan lainnya. 

Pada masa golden age juga akan membentuk kepribadian, emosi, perilaku dan sikap anak. Jika orangtua mengabaikan masa ini dikhawatirkan pertumbuhan dan perkembangan anak tidak optimal. 

BACA JUGA:Bangun Kedekatan Ayah dan Anak, Tidak Mudah Baper, Mampu Memecahkan Masalah Sendiri

Apabila tidak optimal maka, akan muncul permasalahan akibat tidak terpenuhi kebutuhan si kecil. Diantaranya gangguan kognitif, stunting atau perawakan pendek, bahkan akan mengalami gangguan keterlambatan bicara. 

Dr. Theresia Santi, SpA menjelaskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa pertumbuhan akan terjadi pertumbuhan fisik. 

BACA JUGA:Mengenal Periode Toddler, Juga Tahapan Usianya pada Anak, Sensitif dan Kritis

Pertumbuhan ini meliputi kenaikan berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala. Dalam tahap ini kebutuhan gizi anak wajib terpenuhi untuk membantu pertumbuhan fisiknya.

Dia juga membagi perkembangan anak pada masa golden age menjadi 5 tahapan. 

BACA JUGA:Bagaimana Hidup Seorang Anak Tanpa Sosok Ayah: Dampak, Pemahaman, dan Cara Mendidik

Pertama perkembangan motorik kasar. Perkembangan ini berhubungan dengan gerak tubuh dalam menggunakan otot besar, baik sebagian besar maupun seluruh tubuh.

Kedua, perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus yaitu kemampuan keterampilan fisik yang melibatkan koordinasi antar indera dengan otot kecil seperti contoh anak mengancing baju, anak makan menggunakan sendok garpu dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: