BANNER KPU
HONDA

5 Bendungan Terbesar di Indonesia: Mengetahui Bendungan-Bendungan Megah Nusantara

5 Bendungan Terbesar di Indonesia: Mengetahui Bendungan-Bendungan Megah Nusantara

5 Bendungan Terbesar di Indonesia: Mengetahui Bendungan-Bendungan Megah Nusantara--dok/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan sumber daya air. Salah satu infrastruktur yang penting dalam mengelola sumber daya air adalah bendungan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 bendungan terbesar di Indonesia serta berapa jumlah total bendungan di negara ini.

Indonesia sendiri memiliki lebih dari 2.000 bendungan yang tersebar di seluruh wilayah. Jumlah ini mencakup bendungan kecil hingga yang besar.

Bendungan digunakan untuk berbagai tujuan seperti irigasi, pembangkit listrik, dan juga untuk mengatur banjir. Kini, mari kita simak pada 5 bendungan terbesar di Indonesia di bawah ini!

BACA JUGA:Pecahkan Rekor! Bendungan Terbesar di Bengkulu Diresmikan Soeharto, Ini Pesan Saat Peresmian

1. Bendungan Jatiluhur

Bendungan Jatiluhur terletak di Jawa Barat dan merupakan bendungan terbesar di Indonesia. Terletak di Sungai Citarum, Jawa Barat, bendungan ini merupakan sumber air irigasi, pembangkit listrik tenaga air, dan objek pariwisata yang populer.

Dibangun pada tahun 1957. Bendungan ini memiliki kapasitas penyimpanan air yang besar dan juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Selain itu, Bendungan Jatiluhur juga berperan penting dalam penyediaan air irigasi bagi sekitar 240.000 hektar lahan pertanian.

BACA JUGA:Ini Dia ! Bendungan Tertua di Provinsi Bengkulu, Pembangunannya sejak Era Kolonial Belanda

2. Bendungan Cirata

Bendungan Cirata adalah bendungan terbesar kedua di Indonesia dan terletak di Jawa Barat. Dibangun pada tahun 1988, Bendungan ini memiliki kapasitas penyimpanan air yang signifikan dan berfungsi untuk pembangkit listrik tenaga air, irigasi, dan juga untuk mengendalikan banjir.


5 Bendungan Terbesar di Indonesia: Mengetahui Bendungan-Bendungan Megah Nusantara--dok/rakyatbengkulu.com

3. Bendungan Saguling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: