HONDA

Pecahkan Rekor! Bendungan Terbesar di Bengkulu Diresmikan Soeharto, Ini Pesan Saat Peresmian

Pecahkan Rekor! Bendungan Terbesar di Bengkulu Diresmikan Soeharto, Ini Pesan Saat Peresmian

Pecahkan Rekor! Bendungan Terbesar di Bengkulu Diresmikan Soeharto, Ini Pesan Saat Peresmian--Pirmansyah/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COMBendung Air Manjuto, merupakan Bendungan terbesar di Provinsi Bengkulu. Proyek pembangunannya saat itu, masuk proses strategis nasional.

Sehingga saat peresmian Bendung tersebut, langsung turun ke lokasi, orang nomor 1 Indonesia saat itu, Presiden Soeharto. Padahal lokasi Bendung ini, untuk saat itu, sangat jauh letaknya dari pusat ibukota Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Ini Dia ! Bendungan Tertua di Provinsi Bengkulu, Pembangunannya sejak Era Kolonial Belanda

Bahkan untuk sekarang saja, dari Kota Bengkulu menuju ke Bendung Air Manjuto. Setidaknya bisa menghabiskan 7 jam perjalanan darat. 

Kecuali menggunakan pesawat, saat ini tersedia penerbangan Susi Air. Maka hanya membutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan.

BACA JUGA:Ini ! 6 Bendungan Terbesar di Provinsi Bengkulu, Masuk Wilayah Kerja Balai Sungai Sumatera VII

Rinciannya, 45 menit dihabiskan dalam pesawat dari Kota Bengkulu menuju Bandara Mukomuko. Lalu dari Bandara Mukomuko ke lokasi Bendung Manjuto, sekitar 30 menit perjalanan darat.

Bendung Air Manjuto saat ini berada di wilayah Desa Lubuk Cabau Kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko. Saat diresmikan oleh Presiden Soeharto, Bendungan ini berada di wilayah Kecamatan Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara.

BACA JUGA:4 Bendungan Rusak, Butuh Anggaran Rp 23 Miliar, Pemda Bengkulu Tengah Usul ke Kemen-PUPR

Disebut-sebut, peresmian proyek ini oleh Presiden Soeharto, bersamaan dengan peresmian proyek strategis nasional lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu. Namun peresmiannya di pusatkan di Mukomuko.

Bahkan Masjid At-Taqwa di Anggut Kota Bengkulu itu, masjid terbesar saat itu berada di pusat ibukota Provinsi Bengkulu. Penandatanganan prasasti peresmiannya oleh Presiden Soeharto, di Mukomuko.

BACA JUGA:Wow! 6 Merek Ini Jadi Motor Retro Paling Populer di Indonesia

Kembali mengenai Bendung Air Manjuto, diresmikan Soeharto pada 1 Juli 1989. Peresmian ini dihadiri oleh ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Bengkulu.

Dari berbagai sumber, sambutan Presiden Soeharto saat itu, diantaranya menyampaikan bahwa Bendung Air Manjuto merupakan salah satu proyek pembangunan yang strategis bagi Provinsi Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: