HONDA

Ini ! 5 Ciri Bibit kelapa Sawit Unggul, Pastikan dari Lembaga Resmi agar Panen Melimpah

Ini ! 5 Ciri Bibit kelapa Sawit Unggul, Pastikan dari Lembaga Resmi agar Panen Melimpah

Ini ! 5 Ciri Bibit kelapa Sawit Unggul, Pastikan dari Lembaga Resmi agar Panen Melimpah--DOK/RB

Berikut ini rakyatbengkulu.com akan menjelaskan mengenai 5 ciri bibit kelapa sawit unggul yang perlu diketahui. Penjelasan mengenai bibit kelapa sawit unggul dan berkualitas ini bisa menjadi panduan bagi para petani, yakni sebagai berikut :

BACA JUGA:Petani Wajib Pahami 3 Tahapan Pemupukan, Tanaman Kelapa Sawit Jadi Cepat Berbuah

1. Tunas Warna Putih ;

Tunas kelapa sawit berwarna putih, adalah ciri pertama dari 5 ciri bibit kelapa sawit unggul yang perlu petani perhatikan. Artinya mata tunas kelapa sawit ini hendaknya bisa menjadi panduan utama bagi petani. Bibit kelapa sawit terbaik dan bisa disebut unggul tersebut memiliki mata tunas yang normal yakni berwarna putih bersih.

BACA JUGA:Dana DBH Sawit Kabupaten Mukomuko 90 Persen Digunakan untuk Infrastruktur, Menuai Kritikan

Petani wajib menaruh rasa curiga ketika mendapatkan bibit kelapa sawit yang warnanya kecoklatan dan kehitaman. Artinya ketika mata tunas bibit kelapa sawit itu tidak berwarna putih bersih, maka bukanlah bibit sawit unggul.

BACA JUGA:Petani Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Rontok Bunga dan Buah Pada Tanaman Kelapa Sawit

2. Anak Daun Melebar ;

Selain itu, petani juga harus tahu bahwa ciri bibit sawit yang unggul dan berkualitas baik memiliki anak daun yang melebar. 

BACA JUGA:3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Ini Jadi Andalan Petani, Kenali Sebelum Memutuskan Budidaya Kelapa Sawit

Anak daun bibit sawit yang unggul juga tidak akan terlihat kusut, ini pun bisa petani perhatikan dan dilihat secara kasat mata ketika bibit kelapa sawit itu sudah tumbuh. 

Selain itu, ada juga ciri-ciri pendukung lainnya, yakni bibit kelapa sawit unggul juga tidak memiliki anak daun yang menggulung, ini juga bisa dilihat secara kasat mata.

BACA JUGA:Bukan Daerah Penghasil Utama Sawit, Pemkab Rejang Lebong Terima DBH Sawit Rp5 Miliar

3. Tempurung Warna Hitam ;

Tempurung yang berwarna hitam juga menjadi ciri ketiga dari 5 ciri bibit sawit unggul. Ketika mendapati tempurung yang berwarna hitam gelap, maka petani layak mendapatkan bibit tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: