HONDA

Kulit Ikan Ini Mampu Obati Cedera Kornea Pada Hewan, Berhasil Sembuhkan 400 Ekor Anjing

Kulit Ikan Ini Mampu Obati Cedera Kornea Pada Hewan, Berhasil Sembuhkan 400 Ekor Anjing

Kulit Ikan Ini Mampu Obati Cedera Kornea Pada Hewan, Berhasil Sembuhkan 400 Ekor Anjing --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM- Halo sobat, tahukah kamu jika kulit ikan punya kandungan protein struktural yaitu kolagen. Bahkan kandungan yang terdapat pada ikan ini mampu mengobati cedera mata pada hewan.

Sebelumnya kita ketahui bahwa protein pada kulit ikan ini cukup populer di berbagai bidang kesehatan, baik itu pada manusia ataupun hewan.

BACA JUGA:Cocok untuk Pria dan Wanita! Ini Rekomendasi 5 Smartwatch Terbaik Harga di Bawah Rp1 Jutaan

Salah satunya adalah ikan nila. Dimana khasiat dari kulitnya telah banyak dieksplorasi, mulai dari  membalut luka bakar, mengoreksi hernia perut serta memperbaiki katup jantung

Seorang Dokter Mata Hewan, Mirza Melo dari Negara Bagian Ceara, Brazil mengembangkan penelitian terkait dengan adanya kandungan kolagen dari kulit ikan nila.

BACA JUGA:Luar Biasa! Kulit Ikan Nila Bisa Mengobati Luka Bakar, Perhatikan Sisi Higienisnya

Dia menguji kulit ikan nila untuk mengatasi masalah pada mata hewan. Seperti ilkus dan perforasi kornea yang banyak terjadi pada anjing dengan moncong pendek yang merupakan spesies dengan mata sangat menonjol.

Dari hasil penelitian tersebut, ada potensi pengobatan cedera kornea dengan kulit ikan nila. Sebelumnya untuk cedera kornea diobati dengan menempatkan membran dari plasenta kuda yang juga telah dikenal sebagai sumber kolagen.

BACA JUGA:10 Kelebihan dari Smart TV yang Diklaim Miliki Beragam Hiburan

Menurut Milo kandungan kolagen pada kulit ikan nila lebih tinggi dibanding dengan plasenta kuda. Dia kemudian mencoba menukar membran tersebut dengan kulit ikan nila.

Pada operasi yang dilakukan untuk pertamakali di tahun 2019, membuahkan hasil dengan mengoperasi seekor anjing yang mengalami perforasi kornea parah. Hasil percobaan tersebut membuktikan bahwa kulit ikan nila mampu membantu regenerasi luka pada area mata.

BACA JUGA:WOW! Bank Indonesia Pernah Merilis Uang Koin Termahal, Bahan Bakunya dari Emas

Pada awalnya proyek penelitian tersebut telah mempelopori penggunaan kulit ikan nila untuk mengobati luka bakar, yang menjadi masalah di bidang kesehatan dan paling mendekati pembedahan.

Milo menjelaskan kolagen sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel serta mampu memandu pembentukan berbagai jenis jaringan. Dimana alasan ia memilih kulit ikan nila, karena kolagen yang terkandung didalamnya lebih tinggi daripada plasenta kuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: