HONDA

Waspada Musim Hujan! Bunga dan Buah pada Cabai dan Jambu Air Rontok, Begini Solusinya

Waspada Musim Hujan! Bunga dan Buah pada Cabai dan Jambu Air Rontok, Begini Solusinya

Bunga dan buah pada cabai dan jambu air rontok, begini solusinya, waspada musim hujan! --dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Memasuki musim hujan, biasanya akan membuat tanaman termasuk jambu air dan cabai, bunga dan buahnya akan rontok.

Jangan takut, kamu dapat mengatasinya dengan cara memakai tepung beras dan arang.

Hal tersebut dikarenakan tepung beras dan arang mampu membuat bunga dan buah tanaman cabai maupun jambu air tidak akan rontok, meskipun musim hujan.

Dengan demikian, kamu tidak perlu membeli obat khusus supaya bunga dan buah pada jambu air ataupun cabai tidak rontok di waktu musim hujan.

BACA JUGA:WOW! Cukup Pakai 2 Bahan Dapur Ini, Tanaman Cabai Bisa Berbuah Lebat

Adapun penggunaannya sangat mudah dan murah, kamu tidak perlu menggunakannya dalam jumlah yang banyak, selain itu untuk membuatnya juga mudah.

Langkah pertamanya, siapkan tepung beras sekitar 50 gram, begitupun dengan arangnya yang sudah dijadikan tepung seberat 50 gram juga.

Untuk membuat arangnya, kamu cukup membakar kayu bakar, kemudian arangnya ditumbuk hingga halus, lalu disaring.

Setelah itu masukkan tepung dan arang yang sudah ditumbuk halus tersebut ke dalam wadah stoples, kemudian tambahkan sekitar satu sendok mikroba mesofilik dan mikroba termofilik (biang kopos).

BACA JUGA:Manfaatkan Limbah Kepala Ikan Teri Sebagai Mikroorganisme Lokal untuk Tanaman Sayuran, Begini Mengolahnya

Setelah itu diaduk sampai semua bahan benar-benar tercampur, perlu diingat untuk tidak dicampur dengan air, sehingga berupa adukan kering.

Setelah adukan merata, maka kompos hitampun sudah jadi dan telah siap untuk digunakan pada tanaman cabai ataupun jambu air.

Untuk cara pengaplikasiannya, kamu cukup ambil 1-2 sendok, kemudian diaduk dengan air sebanyak 1 liter, setelah itu disemprotkan pada tanaman jambu air ataupun cabai.

Maka kompos hitam tersebut akan membantu menguatkan bunga dan buah pada tanaman jambu air ataupun cabai tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: